Fashion

Tip Fesyen Layering nan Minimalis

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 29 November 2023
Tip Fesyen Layering nan Minimalis
Fesyen layering merupakan teknik menumpuk pakaian yang biasanya dikombinasikan dengan konsep yang minimalis. (Foto: freepik/halayalex)

DI musim pancaroba saat ini saatnya kamu memilih pakaian yang paling nyaman. Usahakan juga kamu persiapkan sejumlah pakaian nan bisa dipakai sekaligus. Jika dilakukan dengan benar, fesyen layering di tengah suhu yang menurun secara bertahap dapat menjadi nilai plus dalam pakaian multifungsi.

Fesyen layering dapat membawa kamu dengan mulus dari fajar hingga senja, di saat berada di luar ruangan hingga ke dalam atau di beberapa kondisi meyesuaikan dengan cuaca. Tapi bagaimana cara yang tepat dalam menerapkan fesyen layering?

Baca Juga:

Jeffry Jouw Bagikan Tip Investasi Sneakers

Mengutip laman Ryusei, fesyen layering merupakan teknik menumpuk pakaian yang biasanya dikombinasikan dengan konsep yang minimalis. sepertinya fesyen layering terdengar mudah, tetapi teknik layering tidak hanya sekadar menumpuk pakaian. Ada seni yang bisa kamu lakukan di sana untuk memadu padankan potongan pakaian agar membuat tampilan yang minimalis nan fashionable.

Biasanya dalam fesyen layering, penggunaan warna soft atau monochromatic menjadi kuncinya. (Foto: Instagram/@wiona_style)

Yuk simak beberapa tip sederhana fesyen layering anti gagal:

- Bermain tekstur

Biasanya dalam fesyen layering, penggunaan warna soft atau monochromatic menjadi kuncinya. Dalam penggunaan tone warna ini, pilihlah potongan pakaian yang memiliki tekstur berbeda. Contohnya, kamu bisa pakai lapisan pertama yang berbahan katun, lalu dibalut dengan lapisan kedua yang berbahan linen.

Namun, tidak menutup kemungkinan ada juga yang mengaplikasikan teknik fesyen layering ini yang dipadukan dengan potongan pakaian bermotif maupun warna vibrant. Tetap berpacu pada tekstur ringan pada dasar dan berat di lapisan kedua ya!

- Lapisan pertama selalu paling tipis

Selalu perhatikan ketebalan pakaian yang ingin kamu gunakan. Jangan sampai teknik layering seperti ini bukannya bikin kamu makin stylish, tapi banjir keringat karena gerah.

Maka dari itu, pilihlah lapisan pertama yang tipis. Lalu ikuti dengan bahan yang sedikit tebal di lapisan kedua. Kalau ingin pakai layer ketiga juga bisa, yang penting tetap pertimbangkan bahan kainnya supaya tidak kegerahan.

Baca Juga:

Hadirkan Looks Berbeda, Ini Kiat Styling Pakaian Ala TikTokers



- Selalu sedia kemeja putih

Jika ingin terapkan fesyen layering, maka kamu harus mempunyai item wajib yaitu kemeja putih. Tidak hanya terlihat simpel saat digunakan, kemeja putih juga dapat menyelamatkanmu di saat ragu mix and match potongan pakaian untuk ditumpuk.

White shirt is never wrong. Kamu bisa padukan kemeja putih polos dengan sweater, cardigan, jaket denim, blazer, sebagai dalaman dress, dan masih banyak lagi opsi lainnya.

Penting tetap pertimbangkan bahan kainnya supaya tidak kegerahan. (Foto: freepik/freepik)

- Tampil minimalis dengan pattern

Kamu bisa kok memadukan potongan pakaian motif tapi tetap terkesan minimalis. Namanya juga seni layering pakaian, kamu memang perlu berlatih agar menemukan gaya yang pas.

Untuk memulainya, coba kenakan sesuatu yang bermotif pada lapisan tengah pakaianmu. Contohnya, gunakan kemeja polos yang tipis ditumpukan pertama lalu balut dengan vest yang sedikit bermotif di lapisan kedua. Sisanya, kamu bisa pakai blazer atau mantel yang polos pada lapisan ketiga.

Poinnya, teknik fesyen layering ini memerlukan trial and error agar sukses diterapkan pada tampilanmu. Bereksperimen dalam fesyen layering ini memang tidaklah mudah.

Satu hal yang perlu kamu ingat, teknik fesyen layering tidak harus selalu menggunakan sesuatu yang berat pada lapisan kedua atau ketiga. Kuncinya adalah tetap minimal, effortless, tapi tetap stylish dengan tumpukan potongan pakaian yang kamu pilih. Keep stylist ya. (dgs)

Baca Juga:

Tips Memilih Warna Perhiasan Sesuai Skin Tone

#Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan