Tiongkok Sebut Agenda G20 Indonesia Sebaiknya Hindari Isu Konflik Rusia-Ukraina

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 17 Maret 2022
Tiongkok Sebut Agenda G20 Indonesia Sebaiknya Hindari Isu Konflik Rusia-Ukraina
Arsip - Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian (ANTARA/HO-MFA)

MerahPutih.com - Tiongkok menyatakan dukungan terhadap Indonesia sebagai ketua G20 dengan tema yang sudah ditetapkan yaitu "Recover Together, Recover Stronger".

Tiongkok mendukung Indonesia menyusun berbagai agenda pertemuan penting, termasuk Konferensi Tingkat Tinggi di Bali dan berbagai kesepakatan dengan menghindari isu-isu terkait konflik Rusia-Ukraina.

"Tiongkok sangat mendukung pernyataan Indonesia yang mendapat giliran sebagai presidensi G20 yang mempromosikan kerja sama di semua bidang sesuai dengan agenda yang ditetapkan dalam tema," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Zhao Lijian di Beijing, Selasa (15/3), dikutip Antara.

Baca Juga:

Yacht Orang-Orang Kaya Rusia di Eropa Barat Disita

Ia menyatakan bahwa Tiongkok akan terlibat aktif dalam persiapan KTT Bali dan akan bekerja sama dengan semua pihak untuk menyukseskan pertemuan para kepala negara dan kepala pemerintahan anggota G20 tersebut.

"Tiongkok juga akan mendukung KTT Bali bisa memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan tata kelola ekonomi global dan mendukung pemulihan ekonomi dan sosial pasca-COVID-19," ujarnya.

Zhao menganggap, G20 sebagai kerja sama ekonomi internasional sehingga dia sangat yakin Indonesia akan fokus untuk menjalankan misinya sesuai dengan Deklarasi Para Pemimpin G20 di Roma dan tidak akan memasukkan krisis Ukraina dalam agenda G20 mendatang.

"Sangat tidak elok dalam forum tersebut mendiskusikan isu-isu keamanan dan politik, seperti krisis Ukraina," ujarnya.

Baca Juga:

Putin Larang Joe Biden dan Tokoh AS Masuk Rusia, Trump Masih Boleh

Ia berpendapat, G20 harus berpegang teguh pada mandatnya dalam meningkatkan solidaritas dan kerja sama serta memiliki rasa tanggung jawab bersama dalam menghadapi berbagai tantangan global, seperti kesehatan, ekonomi, dan keuangan.

Sebelumnya, anggota Dewan Negara yang juga Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi di sela-sela sidang parlemen tahunan dua pekan lalu juga menyatakannya dukungannya secara penuh kepada Indonesia dalam menjalankan misi sebagai presidensi G20. (*)

Baca Juga:

Jepang Bekukan Aset 61 Warga Negara Rusia

Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan