Tiongkok Punya Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia Baru saja dibuka 18 Juli 2020. (Foto: interestingengineering)

KELIHATANNYA Tiongkok tidak bisa menahan diri untuk terus membangun jembatan terpanjang di dunia dan menambahkan rekor baru ke dalam daftar. Tiongkok telah menjadi tuan rumah bagi jembatan paling panjang yang pernah dibangun sejak tahun 2011. Saat ini Tiongkok menambahkan jembatan kaca terpanjang di atas Sungai Lianjiang.

Melansir laman Interesting Engineering, struktur terapung yang menakjubkan baru saja dibuka pada 18 Juli 2020. Jembatan kaca tersebut telah mengisi tempatnya di Guinness World Records sebagai jembatan terpanjang, 526 meter.

Baca juga:

Inovasi Kota Sustainable di Masa Depan Akan Hadir di Tiongkok

1
Adalah terpanjang di dunia. (Foto: thisiscolossal)

Institut Penelitian & Desain Arsitektur Universitas Zhejiang membuatnya dan menempatkannya di Area Pemandangan Tiga Ngarai Huangchuan. Jembatan kaca raksasa yang luar biasa itu menjulang 204 meter di atas sungai dengan lapisan kaca yang dilapisi baja.

Berkat menara merahnya yang luar biasa, jembatan kaca ini tidak hanya terlihat menarik namun juga menghadirkan pose lurus di antara warna hijau dan biru. Jembatan ini bukan sekedar jembatan. Namun memberikan pengalaman tak terlupakan seperti aktivitas bungee jumping, memicu adrenalin terjun dari jembatan itu. Kamu dapat pula menemukan berbagai pertunjukan cat-walk yang kemungkinan besar akan menambah lebih jauh keindahan artistiknya.

Bagi mereka yang tidak menderita akrofobia, struktur ini menawarkan dek observasi di bagian tengahnya. Dan selanjutnya pasti sudah bisa kamu tebak. Kaca di bagian bawahnya juga transparan sehingga kamu bisa melihat sungai dari hampir semua sudut.

Baca juga:

Perpustakaan Unik ini Memiliki Bentuk dari Dunia 'Lain'

2
Terdapat dek observasi di bagian tengahnya. (Foto: dezeen)

Jangan tertipu oleh penampilannya yang anggun ya. Karena mampu menampung hingga 500 orang sekaligus dan membuktikan bahwa penampilan bukanlah segalanya.

Pabrikan mobil lokal bernama GAC menguji rekor tersebut dengan SUV besar mereka yang berbobot total sekitar 4 ton.

Sepertinya ambisi Tiongkok untuk membangun jembatan kaca akan terus berlanjut selama beberapa waktu. Dan jelas, jembatan yang baru-baru ini bukanlah tipe yang akan mempertaruhkan nyawa kamu seperti yang pernah dilakukan di Tiongkok sebelumnya. (lgi)

Baca juga:

Apple Store di Beijing Manfaatkan Tenaga Surya

Kredit : leonard


Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH