Wisata Dunia

Tiongkok Punya 2 Kereta Tercepat di Dunia

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 31 Mei 2022
Tiongkok Punya 2 Kereta Tercepat di Dunia
Kereta Maglev. (Foto: Wikipedia)

DENGAN kecepatan hampir 460 kilometer per jam, dua kereta tercepat di dunia hanya bisa kamu temukan di satu negara, yakni Tiongkok. Dalam satu dekade terakhir, Tiongkok bahkan telah membangun jaringan kereta api baru sepanjang 38 ribu kilometer yang menjangkau setiap sudut Negeri Tirai Bambu.

Mengutip laman The Travel, kereta tercepat di dunia saat ini adalah Shanghai Maglev yang mampu melaju dengan kecepatan tertinggi 460 kilometer per jam, dengan kecepatan rata-ratanya sekitar 394 kilometer per jam. Shanghai, secara umum sangat berkembang baik dari segi teknologi maupun transportasinya.

Kereta ini menggunakan levitasi magnetik untuk menjaga gerbong tetap menempel pada rel meskipun melaju dengan kecepatan tinggi. Saking cepatnya, kereta ini mampu mencapai jarak 30 kilometer hanya dalam waktu tujuh menit saja. Menggunakan teknologi Jerman, saat kamu berada di kereta ini, akan merasakan perjalanan mulus tanpa adanya gundukan dan desakan yang ada di sebagian besar kereta pada umumnya.

Baca juga:

Stasiun Kereta Terdalam di Dunia Ada di Bawah Tembok Besar Tiongkok

Tiongkok Punya 2 Kereta Tercepat di Dunia
Mampu membawa penumpang lebih efisien. (Foto: Unsplash/Charles Forerunner)


Beberapa orang bahkan membandingkan pengalaman berada di kereta Maglev dengan pengalaman saat pesawat lepas landas. Ketika kereta itu terangkat sedikit dari relnya, ada semacam pergeseran halus namun tidak terlihat. Beginilah cara penumpang mengetahui bahwa kereta menambah kecepatan, dan ini yang menjadikan pengalaman makin unik.

Selain Maglev, Tiongkok juga punya kereta kedua tercepat di dunia, yakni CR400 Fuxing yang mampu melaju hingga 349 kilometer per jam. Selama uji coba yang dilakukan, kereta Fuxing bahkan sempat menyentuh angka 418 kilometer per jam. Namun, ini bukan kecepatan rata-rata perjalanan yang akan dirasakan penumpang. Teknologi yang disematkan di kereta ini dirancang dari Tiongkok dan Eropa.

Baca juga:

Ini Dia Stasiun Kereta Paling Keren di Dunia

Tiongkok Punya 2 Kereta Tercepat di Dunia
CR400 Fuxing. (Foto: Wikipedia)

Memiliki 16 gerbong dengan kapasitas maksimum 1.200 penumpang, rangkaian kereta ini dilengkapi dengan fitur-fitur menarik, termasuk hiburan di kursi, layar kaca pintar, hingga kabin pintar.

Masa depan kereta api berkecepatan tinggi adalah salah satu hal yang direncanakan banyak negara, khususnya Jepang, Prancis, dan Jerman. Meski belum banyak negara yang mengaplikasikannya, kereta api tercepat ini jauh lebih efisien dalam membawa penumpang ke tempat yang dituju agar tepat waktu.

Kurangnya guncangan menjadi pengalaman utama yang dinikmati banyak orang dan membuat perjalanan jauh lebih mulus. Apakah kamu berminat untuk mencobanya? (and)

Baca juga:

Deretan Perjalanan Kereta Paling Indah di Dunia, Kamu Lebih Suka yang Mana Nih?

#Wisata Dunia #Travel
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan