Tiongkok Kerahkan 2 Kapal Perang ke Makassar

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 07 Juni 2023
Tiongkok Kerahkan 2 Kapal Perang ke Makassar
Kapal kawal perusak rudal Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) Xuchang-536) tiba di peraian Selat Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: (ANTARA/China Military)

MerahPutih.com - Indonesia menjadi tuan rumah Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Selat Makassar, Sulawesi Selatan, pada 5-8 Juni.

Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) mengirimkan dua armada kapal perang untuk mengikuti latihan tersebut.

Baca Juga:

Jam Tangan Kaisar Terakhir Tiongkok Terjual Rp 92 M

Komisi Militer Pusat China (CMC) dalam laman resminya menyebutkan bahwa kedua kapal perang PLA itu berjenis kapal kawal perusak rudal Zhanjiang dan fregat Xuchang yang telah tiba di perairan Selat Makassar pada Minggu (4/6).

Kedua kapal tersebut berpartisipasi dalam latihan pencarian dan penyelamatan, intersepsi maritim, pengendalian, foto udara, dan lain-lain di Selat Makassar.

Selain latihan gabungan dengan angkatan laut dari berbagai negara, pasukan AL Tiongkok akan ambil bagian dalam kegiatan pameran maritim, pelayanan medis untuk warga sipil, program teknis sipil, dan pertukaran pandangan antarpeserta MNEK 2023.

Pasukan AL Tiongkok juga akan bertukar pandangan tentang militer dan budaya dengan para peserta lainnya untuk meningkatkan saling pengertian, saling percaya, dan kerja sama praktis.

MNEK merupakan latihan non-tempur dengan memprioritaskan kerja sama maritim, penanganan bencana, dan operasi kemanusiaan.

CMC menyambut baik kegiatan dua tahunan yang digelar TNI-AL sejak 2014 itu. Tahun ini merupakan yang keempat kalinya TNI-AL menyelenggarakan latihan tersebut.

Kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) selama empat hari diklaim memberi manfaat besar bagi Makassar dan dijadikan ajang untuk memperkenalkan Kota Makassar lebih dalam lagi ke mancanegara.

Tercatat, sebanyak 17 arrmada kapal perang asing (KPA) berlabuh di laut Makassar untuk memeriahkan kegiatan yang diikuti 36 negara.

Delegasi dari 36 negara itu menyusuri lautan Kota Makassar untuk menyapa dan melihat langsung 17 armada kapal perang yang berjejer di atas laut.

Baca Juga:

CLANG! Festival Hadirkan Berbagai Musisi Indie asal Tiongkok

#TNI AL #Tiongkok
Bagikan
Bagikan