Tiongkok Ingin Segera Mesra Dengan Amerika Serikat

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 22 Januari 2021
Tiongkok Ingin Segera Mesra Dengan Amerika Serikat
Presiden Tiongkok Xi Jinping. (Foto:news.cn)

MerahPutih.com - Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok atau China sangat berharap hubungannya dengan Amerika Serikat segera pulih di bawah pemerintahan baru Joe Biden.

"China mengucapkan selamat atas pelantikan Presiden AS Joe Biden dan menyerukan kebangkitan kembali kemitraan China-AS," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying di Beijing, Kamis (21/1).

Baca Juga:

Biden Jadi Presiden, Hubungan Tiongkok-AS Tetap Panas

China merasa yakin adanya "Dewi Fortuna" (keberuntungan) yang menaungi kedua negara.

Ia menyambut positif sejumlah perintah eksekutif Biden, di antaranya AS kembali menyetujui Kesepakatan Paris dan kembali sebagai anggota aktif di Organisasi Kesehatan Dunia (WTO).

"Media di AS menggambarkan pelantikan Presiden AS Joe Biden sebagai lembaran yang baru dalam sejarah AS. Memang, China dan AS berhak mendapatkan masa depan yang lebih baik setelah masa-masa sulit dan tidak biasa," ujarnya dikutip Antara.

peta tiongkok
Peta Tiongkok. (Foto: Antara)

Hubungan bilateral China-AS terganggu dalam empat tahun terakhir karena adanya beberapa politikus AS yang mendorong aliansi anti-China. Padahal, lanjut Hua, kedua negara ekonomi besar itu perlu bergandengan tangan agar lebih banyak berkontribusi kepada dunia.

Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana dalam keterangan tertulinya, hubungan AS dan China akan tetap panas. Namun, dalam era pemerintahan Biden, berbeda dengan Trump yang berasal dari Partai Republik.

"Rivalitas ini akan lebih lunak sesuai gaya kepemimpinan Presiden asal Partai Demokrat," katanya. (Pon)

Baca Juga:

Risiko COVID-19 Menguat, Pertemuan Tahunan IMF dan Bank Dunia Jadi Daring

#Joe Biden #Senat Amerika #Tiongkok
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan