Tiongkok Hadirkan Aplikasi Pendeteksi Virus Corona, Apakah Bekerja dengan Baik? Tiongkok luncurkan sebuah aplikasi yang bisa mendeteksi virus corona (Foto: mmnews)

BELAKANGAN ini virus corona tengah menjadi sorotan dunia. Betapa tidak, selain mengakibatkan banyak orang tewas, virus corona pun membuat berbagai lini bisnis goyang.

Melihat hal itu, Pemerintah Tiongkok pun tak lantas berdiam diri. Mereka meluncurkan sebuah aplikasi bernama Close Contact Detector.

Baca Juga:

MWC 2020 Resmi Dibatalkan Akibat Wabah Virus Corona

Seperti yang dilansir dari laman BBC, aplikasi itu bisa membuatmu mengetahui, apakah kamu pernah dekat atau berada di sekitar orang yang terinfeksi virus Covid-19 tersebut.

"Contact mengacu pada seseorang yang datang pada jarak dekat, tanpa perlindungan yang efektif, dugaan kasus atau kasus ringan," ujar Komisi Kesehatan Nasional yang merilis aplikasi tersebut.

Aplikasi tersebut diharapkan bisa membantu penyebaran virus corona (Foto: myjoyonline)

Aplikasi Close Contact Detector itu sendiri dibuat oleh Kantor Umum Dewan Negara dan Korporasi Grup Teknologi Elektronik Tiongkok (CETC).

Baca Juga:

Susul Sony, Vivo dan Intel Juga Mundur dari MWC 2020 Karena Virus Corona

Aplikasi Close Contact Detector bisa melihat seseorang yang terdampak corona disekitar (Foto: sea mashable)

Di samping itu Komisi Kesehatan Nasional mencontohkan dalam sebuah perjalanan via pesawat. Di mana penumpang yang duduk berbaris dan tiga baris di depan serta tiga dibelakang dinilai berada dalam kontak dekat dengan orang terinfeksi corona.

Untuk menggunakan aplikasi tersebut, para pengguna memindai kode Quick Response (QR) di smartphone, seperti sebuah layanan pembayaran alipay atau media sosial WeChat.

Selain itu, para pengguna wajib menyertakan nama dan nomor seluler. Di mana nantinya nomor itu digunakan untuk melacak lokasi orang tersebut di masa lalu, yang dikaitkan dengan pengguna aplikasi lainnya.

Menggunakan teknologi untuk mengendalikan virus yang bersumber dari Wuhan, bukan pertama kali dilakukan oleh Tiongkok. Karena sebelumnya, pemerintah Tiongkok sendiri telah memanfaatkan drone untuk memberikan informasi pada masyarakat. (Ryn)

Baca Juga:

Akibat Virus Corona, Produksi Nintendo Switch Ditunda

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH