Tiongkok Desak Israel dan Palestina Berdamai

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 14 April 2017
Tiongkok Desak Israel dan Palestina Berdamai
Aksi untuk menyerukan kepada PBB agar mengakui kemerdekaan Palestina. (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)

Presiden Tiongkok, Xi Jinping mendesak pemerintahan Israel untuk segera hidup berdampingan secara damai dengan Palestina agar Israel semakin disukai masyarakat dunia. Hal tersebut ia sampaikan secara langsung kepada Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu pada Maret lalu.

Bahkan, melalui Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi menyebutkan bahwa Beijing sendiri secara tradisional sangat memiliki hubungan baik dengan Palestina.

"Palestina harus dibolehkan membangun negara merdeka," kata Wang Yi usai bertemu dengan Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad al Maliki di Tiongkok, Kamis (13/4).

Utusan Tiongkok, kata Wang Yi, terkadang selalu mengunjungi Israel dan Palestina. Dan, Tiongkok sendiri sejak lama telah memainkan peran kecil dalam sengketa atau diplomasi Timur-Tengah.

Wang dalam jumpa pers bersama dengan Maliki mengatakan bahwa 70 tahun sesudah resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa, tentang rencana untuk negara Yahudi disahkan, Palestina masih dicegah untuk memiliki negara merdeka.

"Itu tidak adil. Itu jenis ketidakadilan sejarah yang harus diralat. Itu tidak bisa berlanjut," kata Wang.

Sudah waktunya, lanjut Wang, dunia mengatasi kelemahan dan memulai lagi pembicaraan perdamaian terkait Israel-Palestina.

Menanggapi hal tersebut, Maliki menyatakan Palestina sangat menghargai dan menyambut upaya Tiongkok untuk memudahkan upaya perdamaian.

"Kami mendorong China melakukan lebih dari pendekatan semacam itu, untuk melihat perdamaian pada akhirnya dicapai di wilayah kami," kata Maliki.

Sumber: REUTERS/ANTARA

#Israel #Presiden Tiongkok #Palestina
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan