Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dengan Atur Pola Makan Tolak virus Corona dengan meningkatkan sistem imun tubuh kita (Pixabay/Bru-nO)

PASCA COVID-19 dinyatakan statusnya menjadi pandemi oleh World Health Organization (WHO), banyak orang berlomba menjaga kesehatan dengan berbagai cara. Satu hal yang kita tahu pasti, penyakit akan lebih mudah ditularkan pada seorang yang kurang fit, atau mereka yang sistem imun tubuhnya sedang lemah.

Menjaga sistem imun tubuh belakangan menjadi prioritas banyak orang, demi terhindar dari penularan virus Corona. Namun, bagaimana caranya meningkatkan sistem imun tubuh kita?

Baca juga:

Bukan Cuma COVID-19, Menyentuh Wajah Memang Sebabkan Banyak Penyakit

Sistem imun atau kekebalan tubug terdiri dari dua bagian. Pertama, sistem kekebalan bawaan, pertahanan pertama ketika virus menyerang tubuh manusia. Sistem ini mengeluarkan sel-sel penyerang, sebelum sistem kedua, yakni sistem adaptif. Sistem imun ini menargetkan patogen yang telah 'diisyaratkan' tubuh untuk membuat sel-sel memori dari sel baru, sehingga tubuh dapat melawannya jika virus kembali menyerang di kemudian hari.

Melansir laman Forbes, ada bukti yang menunjukkan bahwa kekurangan nutrisi dapat melemahkan sistem imun tubuh kita dan membuat kita lebih rentan terhadap penyakit. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk meningkatkannya kembali?

Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dengan Atur Pola Makan
Atur Nutrisi Makana (Foto: Pixabay/Engin Akyurt)

Pertama, perlu dipastikan bahwa kita makan dengan cukup. Sistem kekebalan memerlukan energi dan nutrisi dari pola makan yang tepat. Sistem kekebalan tubuh kita membutuhkan energi untuk membuat sel-sel kekebalan, yang bertindak sebagai blok bangunan. Begitu pula dengan enzim pada tubuh, yang membutuhkan vitamin dan mineral untuk bekerja secara efektif.

Artinya kita perlu memastikan bahwa kita makan semua kebutuhan tubuh untuk makronutrien, vitamin dan mineral, termasuk vitamin C dan D, serta B6, B12 dan folat, seng, tembaga, besi dan selenium, serta penting amino dan asam lemak esensial.

Baca juga:

Mesin Pengering Tangan Bisa Membunuh Virus Corona? Ini Penjelasannya

Salah satu makanan terbaik untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh adalah buah, karena kandungan polifenolnya yang tinggi, terutama flavonoid. Sebuah studi menemukan bahwa makan buah sebelum berolahraga dapat membantu mengurangi peradangan, stres oksidatif dan disfungsi kekebalan tubuh setelah berolahraga. Selain buah, kandungan polifenol juga ditemukan dalam kacang-kacangan, sayuran, teh, dan kopi.

Tentu saja, hal ini tidak begitu saja menghentikan penyebaran virus Corona atau penyakit lainnya. Anggap sistem imun tubuh adalah pertahanan terakhir. Karena kita juga perlu tetap waspada, dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing. Tetapi ini adalah salah satu cara kita memastikan sistem kekebalan tubuh kita bekerja dengan baik, pada gilirannya tetap sehat. (Nic)

Baca juga:

Ini Alasan Mengapa Lansia Lebih Rentan Terinfeksi Virus Corona



Ananda Dimas Prasetya