Tingkatkan Rasa Nasionalisme, Nelayan Cengklik Gelar Upacara Unik Upacara bendera di tengah Waduk Cengklik. (MP/Win)


PULUHAN nelayan terlihat berbondong-bondong menaiki perahu. Perlahan tapi pasti mereka mendayung hingga tengah Waduk Cengklik, di Boyolali, Jawa Tengah. Terik matahari yang setentang dengan ubun-ubun menancap di kulit para nelayan, namun tak dihiraukan.

Kali ini tunjuannya bukan untuk mencari ikan, terlihat dari dekorasi perahu yang serba merah putih. Mereka berlayar guna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-72.

Layaknya upacara umum, para nelayan juga telah menunjuk beberapa orang untuk terlibat dalam upacara tersebut, mulai dari Inspektur Upacara hingga Pembaca Pancasila.

Upacara bendera di tengah Waduk Cengklik.  (MP / Menang)
Upacara bendera di tengah Waduk Cengklik. (MP / Menang)

Di sela upacara terdengar hingga tepian mereka meneriakkan suara "Merdek, merdeka !,"

Guntoro, salah seorang Koordinator acara mengatakan bahwa kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan ini bertujuab untuk menumbuhkan kembali rasa nasionalisme.

Selain itu, misi terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) juga diusung dalam acara ini.

"Dibandingkan pada perayaan HUT RI sebelumnya mereka hanya memasang bendera di depan rumah masing-masing," kata saat ditanya merahputih.com di lokasi acara, Kamis (16/8).

Seusai upacara, para nelayan menyatakan bahwa sangat penting untuk pemerintah memperhatikan waduk. Ia menganggap waduk Cengklik harusnya mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

Selain sebagai mata pencarian, waduk ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di Jateng.

”Kalau harapan kami, waduk ini dipercantik dan diperindah. Jika itu dilaksanakan, tidak akan mungkin akan banyak wisatawan yang berkunjung ke sini, ”kata salah seorang nelayan yang ikut serta dalam acara tersebut.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga ada anggota Denpom IV / 4 Surakarta CPM Kopral TNI Partika Subagyo Lelono. Dalam upacara tersebut, Subagyo bertindak sebagai Komandan Upacara. ( Win)



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH