Tingkatkan Rasa Nasionalisme, INTI Gelar Dialog Kebangsaan Acara dialog kebangsaan Perhimpunan Indonesia Tinghoa (INTI) Provinsi Banten. (MP/Kanuraga)

MerahPutih.com - Guna memperkuat rasa nasionalisme di kalangan warga Indonesia dari etnis Tionghoa, Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Provinsi Banten mengelar acara dialog kebangsaan.

Kegiatan yang diselenggarakan di Restoran Kisamaun, Tangerang pada Sabtu (6/4) ini mengangkat tema, 'Kiai Tapa Sosok Pemersatu Harmoni Tionghoa dan Islam di Nusantara'.

Ketua Panitia, Elvan Wicaksono Wiguna mengungkapkan, acara ini digelar guna menenangkan situasi saat ini, dimana ada upaya dari satu kelompok yang muncul untuk menganggu toleransi bermasyarakat.

INTI Banten
Acara dialog kebangsaan Perhimpunan Indonesia Tinghoa (INTI) Provinsi Banten. (MP/Kanuraga)

"Di tengah penderitaan, ada kelompok yang muncul untuk merusak kondisi negara," kata Elvan kepada MerahPutih.com.

Elvan juga mengatakan, pengangkatan tema sosok Kiai Tapa bukan sembarangan dipilih, beliau merupakan sosok pahlawan yang berjasa bagi masyarakat Tionghoa dan Islam.

Di tempat yang sama, Ketua INTI Provinsi Banten, Rudi menyebut bahwa acara ini diadakan karena dirinya merasa gelisah dengan kondisi bangsa saat ini.

"Kami angkat tema ini karena kegelisahan saya sebagai orang Tangerang, Banten. Ketika pemilu ini kami (etnis Tionghoa; Red) jadi kambing hitam," keluh Rudi.

Untuk itu, lewat acara ini Rudi mengajak masyarakat Tionghoa membuktikan diri sebagai bagian dari negara Indonesia.

"Kita buktikan, orang Tionghoa ikut berjuang demi Nusantara tercinta. Karena perjuangan bangsa dibangun oleh orang Tionghoa dan lainnya sekitar tahun 1400-an," katanya.

Tak hanya itu, Rudi meminta agar anak muda dari etnis Tionghoa harus berani mengatakan "Kami orang Indonesia yang beretnis Tionghoa."

Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan bahwa banyak dari pejuang bangsa dari etnis Tionghoa yang kini bermukim di kawasan Tangerang. "Kita di sini bukan numpang hidup saja, tapi kita berjuang untuk Indonesia," katanya.

Ketua Umum INTI, Teddy Sugianto yang juga hadir dalam acara tersebut sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia mengatakan, acara ini seolah mempertegas bahwa INTI adalah organisasi kebangsaan.

"Menjelang 20 tahun berdirinya INTI, ini merupakan salah satu langkah untuk mempertegas dan meyakinkan INTI sebagai organisasi berbasis kebangsaan," jelasnya.

Mengingat saat ini merupakan tahun politik, Teddy tak lupa mengajak kepada semua warga negara untuk menggunakan hak pilihnya saat Pemilu 17 April nanti.

"Sukseskan pemilu serentak. Pilihan boleh berbeda, tapi jaga persatuan dan kesatuan bangsa," ucapnya. (Knu)

Baca Juga: Perhimpunan INTI Jawa Tengah Adakan Musdalub dan Pelantikan Pengurus Daerah 2018


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH