Tingkatkan Kualitas Tidur dengan 4 Minuman Ini, Dijamin Nyenyak Sulit tidur merupakan masalah yang umum terjadi. (Foto: Pixabay/Gellinger)

KEBIASAAN begadang karena mengejar deadline kerjaan sudah pasti akan mengubah pola tidur normal. Kamu yang dulu terbiasa tidur tepat waktu jadi mengalami kesulitan bahkan sampai dini hari. Hal ini sangat berdampak buruk bagi kesehatan. Selain terlilit masalah obesitas, kamu juga bisa terkena penyakit gagal fungsi hati karena asupan darah yang kurang. Kalau sudah begini akan sulit mengembalikan kondisi tubuh yang optimal.

Melansir dari laman healthline.com, tidur malam yang cukup sering diabaikan oleh para pekerja keras. Padahal manusia harus tidur setidaknya 7-9 jam setiap malam. Tubuh membutuhkan waktu istirahat untuk memperbaiki sistem yang rusak setelah dipakai beraktivitas.

Baca juga:

Dapatkan Tidur Malam Berkualitas dengan Melakukan 5 Cara Ini

Tetapi jika sudah terbiasa begadang, rasanya sulit untuk mengembalikan jam tidur yang normal. Jangan khawatir, karena ternyata ada minuman yang bisa membantumu untuk tidur nyenyak dengan mudah.

1. Teh Chamomile

Tingkatkan Kualitas Tidur dengan 4 Minuman Ini, Dijamin Nyenyak
Teh chamomile sangat ampuh menghilangkan insomnia. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Teh chamomile sudah terkenal sejak zaman Mesir kuno sebagai herbal ampuh membantu tidur. Terdapat flavonoid di dalam kelopak Bungan chamomile yang dijadikan bahan utamanya.

Kandungan ini berfungsi untuk zat penenang yang aman dikonsumsi karena tidak memberikan efek candu bagi tubuh. Flavonoid juga mampu mengikat benzodiazepine dalam otak untuk merangsang rasa kantuk.

2. Susu Hangat

Tingkatkan Kualitas Tidur dengan 4 Minuman Ini, Dijamin Nyenyak
Segelas susu panas di malam hari. (Foto: Pixabay/AlexRabbit)

Masih ingat rutinitas sebelum tidur waktu kecil? Yap! Kamu wajib minum susu hangat yang dibuat oleh ibu tercinta. Alasannya sederhana, terdapat kandungan triptofan di dalam susu yang mampu meningkatkan senyawa serotonin di dalam tubuh. Tidur pun semakin mudah karena kamu menjadi cepat kantuk. Konsumsi susu hangat di malam hari secara rutin sangat berpengaruh memperbaiki kualitas tidur.

Baca juga:

Sering Terbangun Tengah Malam? Lakukan 4 Kebiasaan Ini

3. Jus Ceri

Tingkatkan Kualitas Tidur dengan 4 Minuman Ini, Dijamin Nyenyak
Jus ceri bisa meningkatkan kualitas tidur. (Foto: Pixabay/olga-filo)

Ternyata kandungan tripofan juga ada di dalam ceri. Fungsinya tentu saja sama. Bedanya hanya rasa ceri yang lebih asam dan mampu menyegarkan lambung serta usus. Ceri juga bisa melancarkan pencernaan sebagai detoks alami. Tidur nyenyak di malam hari, bangun tidur kotoran keluar dengan lancar.

4. Air Mineral

Tingkatkan Kualitas Tidur dengan 4 Minuman Ini, Dijamin Nyenyak
Tubuh sangat membutuhkan asupan air mineral. (Foto: Pixabay/rawpixel)

Air mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan memenuhi asupan mineral dalam tubuh, kualitas tidur pun akan meningkat. Jika kamu kekurangan air mineral, tubuhmu akan cepat merasa lapar sehingga jam tidur pun terganggu. (mar)

Baca juga:

Kamu Kesulitan Tidur di Malam Hari? Coba ikuti Tujuh Tips Mudah ini



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH