JFW 2023
Tingkatkan Kesadaran Sustainable Fashion, APR Gandeng 5 Jenama Lokal di JFW 2023 Kelimanya memiliki koleksi yang berbeda dengan cirikhasnya masing-masing. (Foto: merahputih.com/Evan Andraws)

TIGA lelaki berpakaian casual melangkah tegas di bawah temaram lampu. Begitu dua lelaki bertopi mengapit seorang berkepala gundul masuk, satu per satu peraga perempuan memamerkan luaran menjuntai kebanyakan bermotif floral. Hampir keseluruhan busana mengambil warna-warna pastel sehingga, mulai dari topi, hijab, luaran, kaus, hingga celana.

Koleksi Lyocell by Geulis dan Kasep tersebut menjadi pembuka APR presents: "I Love Viscose" di panggung Jakarta Fashion Week (JFW) 2023, Minggu (30/10). "Hadirnya APR dalam Jakarta Fashion Week 2023, sejalan dengan komitmen kami dalam mendukung industri tekstil dan fashion berkelanjutan serta meningkatkan awareness mengenai sustainable fashion di dalam negeri," ujar Head of Marketing Communication APR Zoey Rasjid.

Baca Juga:

Manisnya Koleksi Fashion Ibu dan Anak di Jakarta Fashion Week 2023

Sustainable fashion menjadi sebuah tren fesyen nan saat ini sedang banyak diterapkan sejumlah jenama lokal di Indonesia untuk mengurangi limbah pakaian sehingga turut beperan dalam menjaga lingkungan.

Dalam semangat menjaga kelestarian lingkungan, Asia Pacific Rayon (APR) nan merupakan produsen serat viscose rayon berkelanjutan, menggandeng lima jenama lokal untuk mengeluarkan koleksi pakaian sustainable. Tiap-tiap jenama merilis sebanyak delapan looks berbeda.

Koleksi yang dirilis oleh Geulis, memiliki warna-warna yang cerah, sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki kegiatan di Outdoor. (Foto: merahputih.com/Evan Andraws)

Kelima jenama tersebut, Geulis, Oline Workrobe, Frederika, Batik Trusmi, dan Everyday memiliki konsep berbeda-beda dari mulai casual hingga formal, meski sama-sama menggunakan serat rayon nan cocok untuk di iklim tropis dan mudah untuk dikombinasi dengan materialnya.

Misalnya pakaian koleksi Geulis dengan mengangkat tema Bloom Refresher Spring Summer 2023 tersebut terlihat memiliki motif bunga-bunga dengan warna cerah, seperti ungu dan oranye. Selain itu, modelnya nan kasual membuat pakaian ini selaras untuk dikenakan pada acara-acara berada di outdoor.

Di sisi lain , Oline Workrobe mengaplikasikan serat rayon APR tersebut dalam koleksinya nan bergaya modern bernama NISKALA, sebuah pakaian casual nan chic dan trendy, dengan memadukan antara rok dengan outer serta penambahan crop top nan membuat sang pengguna akan terlihat stand out. Warnanya pun sangat beragam dari mulai putih dan krem hingga warna oranye terang.

Baca Juga:

Nagita Slavina Usung Tema 'PARADISO' untuk Koleksi Pertamanya di JFW 2023

Sama seperti dua jenama lainnya, Fredika juga merilis sebuah pakaian memiliki tampilan casual dinamakan Sweet Plantation. Warna utama dalam koleksinya tersebut meliputi hijau, merah muda, dan putih, dengan motif batik cap seperti papan catur menyimbolkan berkembangnya sebuah industri fashion tanah air.

Motif persegi panjang yang berbentuk vertikal tersebut, terinspirasi dari sebuah bangunan perkotaan. (Foto: merahputih.com/Evan Andraws)

Sementara, koleksi Everyday dengan usungan Shape & Form mengangkat konsep minimalis dan partikal. Koleksi ini memiliki elemen utama sebuah motif persegi panjang berbentuk vertikal nan berada di setiap sisi pakaian. Motif tersebut terinspirasi dari bangunan di perkotaan.

Terakhir, koleksi Batik Trusmi. Berbeda dengan keempat jenama lainnya, Batik Trusmi merilis sebuah koleksi dengan pakaian-pakaian formal. Koleksi ini menggabungkan antara motif batik Sunan Gunung Jati asal Cirebon dengan budaya Tiongkok. Hal tersebut menghasilkan sebuah pakaian sangat unik dan trendy nan memiliki model seperti pakaian pada kerajaan-kerajaan Tiongkok tetapi memiliki motif batik. (nbl)

Baca Juga:

Usung Tema Alam, Bluesville dan Hijack Sandals Menangi Awards JFW 2023

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Koleksi Pedang Replika Real-Size Milik Yuuta Okkotsu dari Anime 'Jujutsu Kaisen 0'
Fun
Koleksi Pedang Replika Real-Size Milik Yuuta Okkotsu dari Anime 'Jujutsu Kaisen 0'

Senjata ini milik Yuuta Okkotsu dari versi film layar lebar 'Jujutsu Kaisen 0'.

Ditemukan di Ebay Trofi The Game Awards yang Hilang Milik Developer Celeste
Fun
Ditemukan di Ebay Trofi The Game Awards yang Hilang Milik Developer Celeste

Prestige Is Key menebus trofi itu dengan harga Rp7,2 juta.

'20th Century Girl' Ternyata Terinspirasi Pengalaman Pribadi sang Sutradara
ShowBiz
Makan Nanas Bikin Mulut Gatal? Ini Penyebabnya
Fun
Makan Nanas Bikin Mulut Gatal? Ini Penyebabnya

Bisa bikin tenggorokan terasa terbakar juga.

Ketika Anak Ingin Menjadi Influencer, Buka Kondisi Sesungguhnya
Fun
Ketika Anak Ingin Menjadi Influencer, Buka Kondisi Sesungguhnya

Anak memilih karier sebagai influencer.

Keseruan Pertandingan DOTA 2 Antara Filipina vs Venezuela
Fun
5 Fakta Menarik Oh Beauty Festival
Fun
5 Fakta Menarik Oh Beauty Festival

Oh Beauty Festival digelar 6-9 Oktober 2022.

Girls, Yuk Lebih Percaya Diri ‘Because You Worth It’
Fun
Girls, Yuk Lebih Percaya Diri ‘Because You Worth It’

Kampanye ‘Because You Worth It’ digaungkan oleh L'Oreal Paris Indonesia.

Yuk, Belajar Jenis dan Etika Berinteraksi dengan Teman Disabilitas
Fun
Yuk, Belajar Jenis dan Etika Berinteraksi dengan Teman Disabilitas

Ada etika berinteraksi yang berbeda pula, tergantung pada jenis disabilitasnya.

Forum WPA di Bandung, Wujud Kepedulian pada Ibu-ibu ODHA
Fun
Forum WPA di Bandung, Wujud Kepedulian pada Ibu-ibu ODHA

Estimasi kenaikan kasus baru pada ibu rumah tangga berkisar 40 kasus setiap tahunnya.