Tingkatkan Keamanan, 8 CCTV Dipasang di Gereja St Lidwina Umat tengah memasang CCTV di Sereja St Lidwina, Begod, Sleman Yogyakarta. (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Pasca aksi teror yang terjadi pada Minggu kemarin, pihak Gereja Santa Lidwina Sleman Yogyakarta meningkatkan keamanan. Pengelola memasang CCTV di beberapa bagian gereja.

Romo Paroki Santa Lidwina Romo Santo mengatakan setidaknya ada delapan CCTV yang dipasang.

"Mulai dipasang hari ini dan besok," kata Romo Santo di Gereja Santa Lidwina Stasi Bedog Gamping, Sleman, Yogyakarta, Selasa (11/02).

Beberapa CCTV diletakkan di luar bangunan gereja seperti di dekat pintu masuk gereja, di dalam selasar gereja menuju toilet, dan di dalam ruangan serba guna. Ada pula CCTV yang dipasang di dalam gereja seperti di dekat ruangan koor, dalam panti gereja, dan sudut yang menghadap ke dalam altar gereja.

Pemasangan ini bertujuan untuk meningkatkan pengamanan serta mengantisipasi aksi penyerangan terjadi kembali.

Romo Santo turut mengimbau umat paroki tetap tenang dan tidak bereaksi berlebihan.

Pantauan merahputih.com, beberapa umat Santa Lidwina sudah mulai memasang CCTV. Sementara puluhan umat beragama dari berbagai macam aliansi dan kelompok terus berdatangan ke gereja. Mereka hendak menunjukkan rasa empati dan bantuan atas peristiwa penyerangan yang terjadi.

Bahkan, pagi tadi ratusan umat beragama telah membersihkan dann mengecat dinding gereja.

Salah seorang umat Santa Lidwina, Erwan mengatakan seluruh kegiatan gereja akan mulai aktif kembali pada hari Jumat mendatang. Patung Bunda Maria dan Tuhan Yesus yang rusak juga sudah diganti.

Akan diadakan pula misa khusus peringatan peristiwa penyerangan pada Senin 19 Februari jam 19.00 WIB. Misa akan dipimpin oleh Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko. (*)

Berita ini merupakan Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita terkait penyerangan Santa Lidwina dalam artikel: Salut, Banser NU Kerja Bakti Bersihkan Gereja St Lidwina


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH