Tingkatkan Imun Tubuh dengan Cara 'Simple' Sangat mudah untuk tetap sehat di tengah pandemi COVID-19. (Foto: Pixabay/5688709)

BANYAK cara dilakukan untuk menangkal virus Corona. Salah satunya adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh. Pasalnya daya tahan tubuh yang tinggi dipercaya dapat mencegah seseorang terjangkit virus, termasuk virus Convid-19.

Tak heran warga kini berbondong-bondong memborong "empon-empon" alias rempah-rempah dipasar. Namun bagaimana cara yang tepat untuk mendongkrak imunitas tubuh dalam waktu cepat? Lima langkah meningkatkan imunitas tubuh dalam waktu singkat.

Baca Juga:

Merah Putih Kasih Foundation Salurkan Bantuan untuk Ringankan Dampak COVID-19



Menjaga Pola Makan dengan Gizi Seimbang

makan
Konsumsilah makanan dengan gizi berimbang. (Foto: Pexels/Ella Olsson)

Ahli Gizi UGM Dr. Toto Sudargo menjelaskan tubuh membutuhkan setidaknya 2.150 kalori setiap harinya disertai asupan Protein. Ikan sangat bagus dikonsumsi setiap hari. Karena ikan mengandung banyak protein dan kalsium.


"Protein menyumbang sekitar 75 persen sistem kekebalan tubuh dimana fungsinya mengganti sel yang rusak, membentuk hormon dan menolak virus yang masuk,"kata Toto.

Ia mencontohkan ikan kembung adalah salah satu ikan yang kaya akan protein dan kalsium. Tidak hanya pada ikan, sumber protein juga ada sayuran dan buah-buahan. Toto melanjutkan mengkonsumsi tempe dan tahu serta ditambah sayuran juga sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Kedua makanan tersebut mengandung pro vitamin A yang sangat mendukung sistem imun.

“Apalagi bisa mengkonsumsi buah sepeti pepaya sangat kaya kandungan vitamin A,” katanya. Vitamin A dan vitamin C menurutnya sangat baik untuk kulit, lambung, usus sehingga virus tidak bisa tembus. Sumber vitamin ini pada sayuran ada pada wortel, brokoli, dan paprika.

Sementara pada buah ada pada pepaya, pisang, jeruk dan jambu biji. Adapun buah lokal yang banyak mengandung vitamin C menurutnya adalah buah kersen atau lebih dikenal dengan buah talok. Dalam 100 gram kandungan vitamin C nya mencapai 98%. Tak lupa Toto mengimbau agar rajin minum air putih sedikitnya 6 gelas/hari



Olahraga dan Tidur yang Cukup

olahraga
Olahraga untuk menjaga kebugaran. (Foto: Pexels/Elly Fairytale)

Banyak melakukan aktifitas fisik dirumah dapat menjaga kebugaran. Toto menganjurkan agar setiap orang melakukan pekerjaan rumah yang menyenangkan seperti mengepel, menyapu atau sebagaianya. Kegiatan tersebut dapat membakar kalori. Usahakan untuk Olahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu minimal 30 menit. Misalnya skipping atau lompat tali, aerobik atau zumba dengan video dan olahraga pembentuk otot seperti sit up, push up, atau scotch jump. Waktu Tidur yang ideal minimal 6-8 jam/hari. Hal ini memberikan tubuh untuk meregenerasi sel dengan sempurna.


Rempah-Rempah Alami dan Suplement

rempah
Jangan hanya mengonsumsi rempah-rempah saja. (Foto: Unsplash/Zahrin Lukman)

Ketua Program Studi Profesi Apoteker, Dosen Departemen Farmakologi & Farmasi Klinik, Fakultas Farmasi UGM. Ika Puspitasari menjelaskan terdapat 18 herbal yang pernah diteliti dan terbukti mampu meningkatkan imunitas. Beberapa herbal tersebut antara lain Kembang Sepatu (Hibiscus rosasinensis), Brotowali (Tinospora cordifolia), Teen (Ficus carica), Lidah buaya (Aloe vera), Murbei (Morus alba), Jeruk nipis (Citrus aurantifolia), Bawang putih (Allium sativum), Kunyit (Curcuma longa), Orang-aring (Eclipta alba), Mangga (Mangifera indica), Mimba (Azadirachta indica), Mengkudu (Morinda citrifolia), Pegagan (Centella asiatica), Cabe Jawa (Piper longum), Echinace (Echinacea pupurea), Meniran (Phyllanti niruri), Keladi tikus (Thyponium flagelliforme) dan Sarang semut (Myrmecodia tuberosa)

"Namun, vitamin dan suplemen tidak boleh menggantikan gizi seimbang yang dikonsumsi sehari-hari. Artinya walaupun sudah konsumsi suplemen dan empon-empon, tetap harus makan yang bergizi,"jelas Ika.

Baca Juga:

Mengapa Perokok Memiliki Risiko Tinggi Terinfeksi COVID-19?

Berjemur 10-15 menit setiap hari

jemur
Berjemur di bawah sinar matahari selama 10-15 menit saja. (Foto: Pexels/Pixabay)

Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM Madarina Julia mengatakan vitamin D bisa memperbaiki sistem imun tubuh. Maka tubuh manusia memerlukan sinar matahari untuk membantu meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh.

"Kekurangan vitamin D dapat menghambat pertumbuhan dan rentan terinfeksi virus maupun bakteri,"kata Madarina.

Waktu berjemur paling efektif adalah jam 10.00 sampai 15.00. Jangan dilakukan lebih pagi karena paparan sinar mataharinya tidak mencukupi. Sekali berjemur membutuhkan waktu cukup 10 hingga 15 menit per hari

Ketika berjemur, dia menyarankan kulit langsung terpapar sinar matahari. Penggunaan topi, sunscreen serta pakaian sebaiknya dilepas karena bersifat menghalangi paparan sinar matahari ke kulit. Dia mengatakan sinar matahari tidak hanya ampuh meningkatkan imun tubuh. Namun, dalam sejumlah penelitian disebutkan bahwa paparan sinar matahari yang cukup menyebabkan virus lebih sulit bertahan di cuaca.

Rajin Mencuci Tangan

cuci
Selalu mencuci tangan. (Foto: Unsplash/Kelly Sikkema)

Cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer sebelum makan atau minum dan setiap kali keluar dari kamar mandi. Selalu menjaga kebersihan tubuh dengan mandi setiap hari. Disarankan untuk rajin menyemprot rumah dengan cairan disinfektan. (*)

Baca Juga:

Desainer Hian Tjen Buat APD untuk Lawan Virus Corona

Tulisan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah DI. Yogyakarta dan sekitarnya.

Kredit : patricia


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH