Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan dengan Makanan Ini

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 02 Oktober 2017
Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan dengan Makanan Ini
Mengonsumsi banyak vitamin C akan meningkatkan daya tahan tubuh (Foto: freeimages)

SAAT musim hujan datang, Anda pasti rentan terkena penyakit, terutama flu. Hal itu disebabkan cuaca dingin yang melanda saat musim hujan.

Daya tahan tubuh yang menurun juga jadi pemicu Anda mudah terserang flu. Saat daya tahan tubuh melemah, virus akan mudah menjangkit tubuh Anda.

Seperti dikutip The List, sebelum terkena flu, Anda bisa mencegahnya dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Makanan kaya Vitamin C

(freeimages)

Dalam artikel yang dimuat di buletin Health Essentials Cleveland Clinic Wellness Institute, seorang ahli gizi Kristen Kirkpatrick merekomendasikan untuk mengonsumsi banyak Vitamin C. Jeruk ialah yang paling disarankan. Sumber vitamin C yang baik juga bisa didapat dari sayuran berdaun hijau, pepaya, stoberi, paprika, dan kecambah.

2. Makanan yang mengandung zinc

(prevention)

Zinc juga amat berpengaruh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Faktanya, seorang ahli diet, Pamela Nisevich, mengatakan kadar zinc yang rendah dikaitkan dengan berkurangnya jumlah sel T atau sel darah putih yang membantu tubuh melawan infeksi. Makanan seperti biji labu merupakan sumber zinc paling bagus. Oatmeal juga memiliki kandungan zinc yang begitu tinggi.

3. Ikan dan makanan yang mengandung asam lemak omega 3

(freeimages)

Spesialis obat integratif Dr Elizabeth Trattner mengatakan asam lemak omega 3 pada minyak rami dan ikan berlemak menjadi penguat kekebalan tubuh. Zat itu bekerja dengan meningkatkan aktivitas fagosit, sel darah putih yang memakan bakteri. Sumber utama asam lemak omega, yaitu ikan tuna, salmon, sarden, makarel, biji rami, dan minyak rami. Akan lebih baik juga jika mengonsumsi kandungan tersebut berasamaan dengan vitamin E.

4. Jamur dan Vitamin D

(freeimages)

Banyak orang mengetahui vitamin D hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang. Padahal, vitamin D juga memiliki fungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, sebuah metaanalisis pada 2017 dari sejumlah penelitian yang dipublikasikan di The BMJ menunjukkan mengonsumsi suplemen vitamin D membantu melindungi seseorang dari infeksi pernafasan seperti flu. Salah satu sumber dari vitamin D berasal ialah jamur.

5. Sup ayam

(freeimages)

Ini nasihat klasik dari banyak orang. Konsumsilah sup ayam ketika Anda sakit. Nyatanya, hal itu benar adanya. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa sup ayam memberikan manfaat untuk kekebalan tubuh. Catatan Bede di Runner's World mengatakan protein pada ayam akan membantu meningkatkan sistem imun. Tambahan sayuran seperti wortel dan seledri akan menambahkan banyak manfaat pada sup ayam.(ikh)

Baca juga artikel 10 Manfaat Makan Cokelat Bagi Kesehatan

Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan