Tingkatkan Daya Saing Tenaga Kerja, Manaker Dorong Percepatan Program Kartu Prakerja Menaker Hanif Dhakiri dalam sebuah kegiatan ketenagakerjaan di Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (3/7) (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri menegaskan pentingnya sertifikasi tenaga kerja untuk memajukan industri di Indonesia. Sertifikasi tenaga kerja tersebut bagian dari mendorong peningkatan kualitas SDM melalui program kartu prakerja.

Demikian diungkapkan Menaker dalam acara kompetisi MOS+ACA National Championship di SMA Pradita Dirgantara di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (3/7).

"Ada tiga skema kartu prakerja yang dijadikan program unggulan Presiden Jokowi. Tiga skema tersebut yakni, skilling, upskilling, dan reskilling," ujar Hanif.

Dengan tiga skema tersebut lulusan yang belum punya pekerjaan akan diberikan pelatihan agar punya keahlian. Demikian lulusan yang sudah punya keahlian kita dorong meningkatkan kemampuannya melalui program upskilling.

Menaker Hanif Dhakiri dorong percepatan kartu prakerja
Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri memberikam keterangan terkait peningkatan kualitas tenaga kerja di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (3/7). (MP/Ismail)

"Kami melalui kartu prakerja nanti tidak hanya fokus pada lusan baru, tetapi pekerja lama yang terkena PHK juga bisa ikut program ini," kata dia.

BACA JUGA: Wiranto Pastikan Tak Ada Upaya Kembalikan Indonesia ke Era Orde Baru

Gerindra Pertanyakan Sumber Dana Anies untuk Beli Baju Persija Bagi PNS

Hanif Dhakiri menegaskan sertifikasi tenaga kerja ini menjadi tolok ukur industri di berbagai perusahaan, salah satunya di sektor teknologi informasi. Dengan adanya sertifikasi, standar kualitas tenaga kerja dalam negeri tidak kalah bersaing dengan tenaga kerja asing (TKA).

"Kita genjot agar pelatihan berkualitas dan dapat sertifikasi berkualitas dengan memanfatkan Balai Latihan Kerja, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Politeknik dalam menjalankan program prakerja, "tutupnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH