Tingkat Stress Tinggi Tak Kalahkan Kreativitas Tingkat stres pada artis ternyata dapat dikalahakan agar proses kreatif tetap ada. (Foto: lanyrd)

STRES dapat menghinggapi siapa saja, entah pekerja kantor, ibu rumah tangga sampai pekerja seni. Khususnya pekerja seni yang harus tetap memiliki suasana hati yang bagus untuk menciptakan kreasi. Sedikit saja ada yang mengubah atau mengganggu suasana hati, proses kreativitasnya langsung terhenti. Lifehack.org mencoba mencari tahu bagaimana artis mengatasi stresnya.

(Foto: photoshelter)
Robby Takac (Foto: photoshelter)

Robby Takac dari Goo Goo Dolls mengatakan bahwa stres dapat dikelola dengan baik asalkan diri juga dapat menerima yang ada di depan mata. Dirinya sendiri terus terang mengatakan kalau tak setiap hari dapat menciptakan sesuatu yang bagus. Namun bukan masalah baginya. Yang terpenting pada hari itu ia sudah membuat dan belajar tentang sesuatu pada hari itu. Hasil hari itu bila tidak terpakai bisa saja disimpan dahulu untuk digunakan di lain waktu.

Lucy Woodward
Lucy Woodward (Foto: the smith center)

Penyanyi dan penulis lagu Lucy Woodward, mengatakan bahwa selalu bersikap positif meskipun Anda orang yang positif. Semua sebenarnya hanya ada dalam kepala orang, jika di dalam kepala hanya ada tekanan maka orang itu akan kerap mengalami tekanan pula, jatuhnya tidak jauh dari stres. Ia mengatakan bahwa sebelum istirahat selalu membuat dirinya santai dan mengonsumsi makanan sehat. Iapun selalu berusaha bersahabat dengan masalah-masalahnya sehingga mengetahui solusinya.

Cassandra Seidenfeld
Cassandra Seidenfeld (Foto: downtown magazine)


Sikap positif juga ditunjukan oleh Cassandra Seidenfeld, aktris dan filantropis, baginya hidup di kota besar seperti New York membuat dirinya harus menjaga diri sebaik-baiknya. Kesehatan dan perilaku positif adalah aset terbesar di kota itu. Sikap itu dibutuhkannya untuk memenuhi jadwal-jadwal yang sudah tersusun dari hari ke hari. Perilaku yang baik dan sikap positifnya itu membawa dirinya memulai hari dengan baik dan mengakhirinya dengan produktivitas yang baik pula.

Keith LuBrant
Keith LuBrant (Foto: keithlubrant)


Rasa menang selalu dirasakan oleh Keith LuBrant, komposer dan penulis lagu, ia mengatakan bahwa selalu membuat daftar tertulis untuk pekerjaan-pekerjaan seninya. Dengan demikian ia tahu yang harus diutamakan dan menjadwalkan semuanya dengan jelas. Kebutuhan daftar tertulis itu lebih seperti mendapatkan kemenangan bila sudah menyelesaikan satu bagian dan mencoretnya. Ini yang membuatnya dapat menjauhkan stres.

Kurt Ralske
Kurt Ralske (Foto: open spotify)


Kurt Ralske, seniman, menyebutkan dirinya butuh energi panjang ketimbang energi sesaat. Ia membutuhkannya untuk mendorong proses pekerjaan dan istirahatnya. Ia sama sekali tidak menyentuh kopi dan minuman jenis lainnya. Bahkan ketika hendak istirahat Kurt sama sekali tidak membolehkan semua gadgetnya berada di dekatnya. Ia menegaskan bahwa istirahat sangat penting untuk dapat membuat kreasi baru. Ia tidak memboleh stres menghinggapinya, sebab ia adalah orang yang sangat menikmati proses. Bila stres datang maka proses pekerjaannya akan sirna.

Marissa Levy Lerer
Marissa Levy Lerer (Foto: lanyrd)


Bagi Marissa Levy Lerer, musisi dan penulis lagu, sama sekali tidak mengenal stres. Ia sangat menikmati hari-harinya berproses membuat karya seni. Baginya tidak ada hal yang paling menyenangkan selain menciptakan sesuatu dari nol hingga menjadi sesuatu.

Marina V
Marina V (Foto: biblioshops)

Diakui oleh Marina V, penyanyi dan pencipta lagu, stres dan depresi adalah hal yang selalu menghantuinya. Namun seiring dengan waktu Marina berhasil menemukan trik-trik untuk mengatasinya. Salah satu caranya adalah berolahraga untuk melepaskan semua energi negatifnya. Namun ia mengakui hal yang terberat adalah memulai olahraga. (psr)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH