Setelah Hengkang dari YG Entertainment, Apa Kabar para Idola K-Pop ini Ya? Artis yang hengkang dari YG Entertainment (Sumber: ABS-CBN News)

BARU-baru ini, jagat hiburan Korea Selatan dihebohkan dengan hengkangnya CL dari YG Entertainment. Mantan leader 2NE1 tersebut mengundurkan diri setelah proses perpanjangan kontraknya berlangsung alot. Tidak menemui titik terang, CL pun memilih untuk pergi dari label tersebut. Hal tersebut tentu cukup mengagetkan banyak orang mengingat ia sudah berkarir sebagai artis YG Entertainment selama 10 tahun.

Selain CL, sejumlah artis telah terlebih dahulu meninggalkan satu dari tiga agensi besar Korea tersebut. Siapa sajakah mereka? Apa kabar mereka? Dan apa saja aktivitas mereka saat ini?

1. Se7en

Se7en
Se7en (Sumber: Asia One)

Se7en memulai debutnya bersama YG Entertainment pada 2003. Kemunculannya langsung menyita banyak perhatian membuat ia meraih sejumlah penghargaan "pendatang baru terfavorit". Namanya semakin melejit dan ia pun mulai menapaki karir di Amerika pada 2009 bersama YG Entertainment.

Prestasinya di dunia entertainment tak dimbangi dengan perilaku yang baik. Pada Desember 2014 saat menjalani wajib militer, ia terlibat skandal dan melanggar aturan. Kala itu ia ketahuan mendatangi panti pijat yang terkenal sebagai lokalisasi. Sebulan kemudian, kontraknya bersama YG Entertainment habis dan mereka sepakat untuk tidak memperbarui kontrak tersebut.

Kini ia mendirikan agensi sendiri, ELEVEN9 Entertainment dan kembali ke dunia musik pada 2016. Yang terbaru, SE7EN akting di drama musikal "Dogfight".

2. Minzy

Minzy
Minzy (Sumber: Billboard)

Pada 2009, Minzy bersama CL dan dua rekannya, Park Boom dan Sandara Park, tampil sebagai grup 2NE1. Di bawah YG Entertainment mereka mengukuhkan dirinya sebagai girlband legendaris. Minzy yang memulai debutnya di usia 15 tahun turut merasakan ketenaran 2NE1 dan meraih popularitas di usia sangat belia.

Sayangnya, skandal penggunaan obat-obatan terlarang yang dilakukan Park Boom pada 2014 membuat 2NE1 harus istirahat sejenak dari hiruk pikuk Kpop. Masing-masing member pun mengembangkan karir solonya. Sementara Minzy membuka sekolah tari, Millenium Dance Academy. Ia kemudian meninggalkan YG Entertainment di tahun 2016.

Kepergiannya memicu perpisahan grup 2NE1 dan harus bubar. Usai keluar dari YG Entertainment, Minzy bergabung dengan CJ E&M dan merilis album solo di April 2017.

3. Gummy

Gummy
Gummy (Sumber: CLEO Singapore)

Gummy memulai debutnya bersama YG Entertainment di tahun 2003 lewat lagu bertajuk "Memory Loss". Berkat lagu tersebut, namanya melejit dan membawa popularitas dalam sekejap. Setelah 10 tahun berkarir bersama YG Entertainment, Gummy pun hengkang dan menandatangani kontrak bersama C-JeS Entertainment.

Seusai keluar dari YG Entertainment, nama Gummy semakin melejit berkat soundtrack Descendants of the Sun dan Moonlight Drawn. Kepiawaiannya dalam membawakan lagu soundtrack membuatnya dijuluki Ratu Soundtrack.

4. Park Bom

Park Bom
Park Bom (Sumber: Pop Crush)

Sebelum debut bersama 2NE1, Park Bom dikenal publik karena duet bersama BIGBANG dan Lexy. Pada 2009, ia pun ditunjuk oleh YG Entertainment sebagai vokalis utama 2NE1. Skandal obat-obatan terlarang membuatnya harus vakum dari dunia entertainment. Ketika ia vakum, para member sibuk mengembangkan karir solonya.

Kesibukan masing-masing membuat 2NE1 bubar pada November 2016. Namun CEO YG Entertainment mengungkapkan bahwa vakumnya Park Bom yang menyebabkan 2NE1 bubar. Juli 2018, Park Bom menandatangani kontrak eksklusif dengan D-Nation Entertainment. Ia merilis album perdananya bersama D-Nation pada Februari 2019.

5. PSY

PSY
PSY (Sumber: Reuters)

Terlahir dari keluarga kaya raya, PSY justru meninggalkan warisan ayahnya sebuah perusahaan pengembang software demi mengejar passion di bidang musik. Ia pun fokus di bidang musik pada 2001. Sayangnya, karirnya tak selalu lancar. Usai menjalani wajib militer, PSY harus mengalami kesulitan finansial. Sang istri pun menyarankan ia untuk bergabung dengan YG Entertainment mengingat ia juga berteman baik dengan Yang Hyun-suk.

Dua tahun setelah bergabung dengan YG Entertainment, PSY menggebrak industri hiburan Korea lewat lagu Gangnam Style. Lagu tersebut bahkan hit secara internasional dan menjadi video paling banyak ditonton di sejarah YouTube selama enam tahun. PSY lantas hengkang dari YG Entertainment 2018 dan menjalani tur secara independen.(avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH