Tinggalkan Prabowo-Sandiaga, PA 212 Pindah Gerbong Dukung Jokowi-Ma'ruf Persaudaraan Alumni (PA) 212 di eks Karesiden Surakarta mengalihkan dukungan pada pasangan capres-cawapres, Jokowi-Ma'ruf Amin (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Persaudaraan Alumni (PA) 212 di eks Karesiden Surakarta mengalihkan dukungan pada pasangan capres-cawapres, Jokowi-Ma'ruf Amin di Pemilu 2019. Deklarasi dukungan digelar di gedung serba guna, Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (13/3) malam.

Koordinator deklarasi, Margono mengungkapkan sebagian besar alumni 212 di Surakarta mengalihkan dukungan dari Prabowo-Sandaga kepada Jokowi-Ma'ruf Amin. Ada sejumlah pertimbangan yang mendasari dukungan ini diantaranya sesuai dengan hasil ijtima ulama Jokowi-Ma'ruf Amin mewakili aspirasi ulama di Indonesia.

"Kami melihat Jokowi-Ma'ruf Amin adalah representasi umat Islam sesunguhnya sebagai pempimpin bangsa ini," kata dia.

Pertimbangan lain, lanjut dia, Jokowi-Ma'ruf Amin adalah seorang negarawan sejati. Jokowi juga pemimpin mempunyai kempuan dan keberanian kuat untuk memajukan bangsa dan umat Islam.

"Jokowi pemimpin yang terlahir dari rahim rakyat, dibesarkan dan erat bersinggungan dengan rakyat, jauh akan lebih mengerti apa yang dirasakan rakyatnya. Itu yang tidak dimiliki calon lainnya," papar dia.

Suasana deklarasi dukungan PA212 di gedung serba guna, Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (13/3) malam (MP/Ismail)

Alumni 212 juga melihat peran Jokowi dalam melindungi ulama sangat nyata dengan memberikan andil besar bagi bahtera perjalanan kehidupan negara Indonesia. Dia menambahkan peran ulama menjadi titik singgung fungsi komunikasi horizontal terhadap umat sekaligus komunikasi terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

"Kita tidak pernah lihat Jokowi sebagai pemimpin tidak pernah menyebarkan fitnah. Yang terjadi justru diserang fitnah, tetapi tidak pernah dibalas. Itu mencerminkan sikap yang diajarkan ulama," kata dia.

Ia menjelaskan alumni 212 di Surakarta ini juga membentuk wadah kelompok yang dinamakan Pergerakan Islam Soloraya (PIS). Ada sebanyak ratusan ulama alumni 212 yang mengikuti deklarasi ini.

Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Jateng, Awod Umar, mengatakan sebagai tamu undangan memberikan apresiasinya atas terselenggaranya deklarasi ini. Deklarasi ini membuktikan bahwa stigma pergerakan Islam hanya ada dikubu sebelah tidak benar. Jokowi-Ma'ruf Amin juga didukung ulama.

"Kami hadir disini merupakan bagian dari pergerakan Islam. Seiring berjalannya waktu, kami melihat masyarakat mendekati hari pemilihan sudah mulai realistis melihat mana capres-cawapres yang didukung ulama," kata Awod. (Ism)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.comuntuk wilayah Solo dan sekitarnya.

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Antisipasi Kerawanan Pemilu, Mabes Polri Gelar Simulasi Pengamanan di Solo



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH