Tinder Perkuat Fitur Keamanan Real Time

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 09 Februari 2023
Tinder Perkuat Fitur Keamanan Real Time
Aplikasi Tinder menciptakan beberapa fitur demi kenyamanan para member. (Foto: Unsplash/Yogas Design)

TINDER mengumumkan sebuah perlindungan lebih jauh bagi para member-nya agar aman dari kejahatan daring. Aplikasi kencan daring itu menambahkan pembaruan untuk fitur 'Apakah ini Mengganggumu?' dan 'Apakah Kamu Yakin?'. Keduanya bertujuan untuk memperluas kategori perilaku tidak pantas seperti ujaran kebencian, eksploitasi, hingga pelecehan seksual.

Selain itu, Tinder juga memberikan para member kontrol lebih pada aplikasi dengan diperkenalkannya ‘Mode Penyamaran’ dan ‘Blokir’, sekaligus memperbaiki metode pelaporan profil member.

Sejak awal, Tinder telah fokus menghadirkan pengalaman yang mendorong interaksi sehat antar member dan memberikan kendali kepada mereka untuk perjalanan asmaranya.

Menurut data yang dipaparkan, sebanyak 68 persen anak muda Indonesia setuju bahwa mereka memerlukan fitur tersebut untuk melaporkan perilaku tidak pantas. Sementara 51 persen menganggap fitur yang mempromosikan perilaku baik memebr dan intervensi apabila ada pesan yang tidak pantas, akan membantu meningkatkan pengalaman kencan yang aman.

Baca juga:

Tinder Ajak Perempuan Berani Berkencan

Tinder Memperkuat Fitur Keamanan Real Time
Fitur Blokir Tinder. (Foto: Tinder)

Diluncurkan pada 2021, kedua fitur keamanan tersebut diperbarui untuk memasukkan lebih banyak bahasa yang diklasifikasikan sebagai berbahaya atau tidak pantas bagi Tinder.

Pilihan ‘Apakah Kamu Yakin?’ hadir secara otomatis sebelum pesan dikirimkan, jika Tinder mendeteksi adanya bahasa yang tidak pantas, dengan definisi seksual serta kekerasan secara terang-terangan, dan mengurangi pengiriman pesan tersebut hingga 10 persen.

Sebaliknya, fitur ‘Apakah Ini Mengganggumu?’ mengajak para member untuk melaporkan obrolan yang tidak pantas, dan mengambil langkah terhadap member lain yang dianggap tidak bisa menaati peraturan di Tinder. Sejak pertama kali diluncurkan, fitur ini telah meningkatkan 46 persen dari jumlah pelaporan pesan dengan bahasa yang tidak aman.

Baca juga:

Tinder Rilis Serial Interaktif ‘Swipe Night’ Secara Global

Tinder Memperkuat Fitur Keamanan Real Time
Mode Penyemaran Tinder. (Foto: Tinder)

“Setiap interaksi di Tinder telah diciptakan dengan mengutamakan keamanan, namun kami juga mendengar dari para member bahwa mereka tidak selalu mengetahui setiap fitur keamanan yang ada, bagaimana cara menggunakannya, hingga bagaimana untuk tetap aman saat membawa obrolan keluar dari aplikasi,” ujar VP Product, Integrity Tinder Rory Kozoll, dalam siaran pers yang diterima Merahputih.com.

Untuk Mode Penyamaran, fitur ini merupakan upgrade dari pilihan menyembunyikan profil member sepenuhnya. Setiap member tetap bisa memilih Suka atau Tidak Suka pada aplikasi, namun hanya member yang telah mereka sukai saja yang dapat melihat profil sebagai rekomendasi.

Di fitur Blokir, member bisa memilih siapa yang ingin mereka lihat di Tinder. Saat sebuah profil muncul di beranda, mereka dapat langsung memblokir profil tersebut sebelum matching agar tidak muncul lagi. (and)

Baca juga:

Tinder Terus Fokus pada Keselamatan Perempuan

#Tinder #Aplikasi Kencan #Kencan Online
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan