Timses Prabowo-Sandi Ungkap Kisi-kisi Debat Perdana Capres Anggota Direktorat Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Habiburokhman (dua kiri) (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Anggota Direktorat Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Habiburokhman mengungkapkan bahwa isu pencegahan dan penindakan korupsi menjadi salah satu kisi-kisi debat pertama calon presiden pada 17 Januari 2019 mendatang.

"Kalau ditanya memilih pencegahan atau penindakan, saya dengar itu salah satu kisi-kisi," kata Habiburokhman dalam diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (13/1)

Jika diminta memilih pencegahan atau penindakan, kata Habiburokhman, pihaknya tidak akan memilih salah satunya. Menurut dia, kedua hal tersebut penting dalam upaya memberantas korupsi di Indonesia.

"Kami tidak mau memilih salah satu (penindakan atau pencegahan). Kami mau dua-duanya sempurna," jelas dia.

Pertemuan SBY dan Prabowo
Salam komando SBY dan Prabowo Subianto di Mega Kuningan, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu (MP/Ponco Sulaksono)

Kepala Bidang Advokasi DPP Partai Gerindra ini menegaskan pencegahan yang maksimal tanpa penindakan yang signifikan belum tentu dapat mengurangi jumlah korupsi.

Habiburokhman menilai pencegahan korupsi bukan hanya tugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut dia, semua pihak harus ikut terlibat dalam upaya pencegahan korupsi.

"Kalau pencegahan bagi kami bukan domain KPK. Kaya reformasi birokrasi jadi bagian integral," pungkas dia.

Sebagaimana diketahui, debat perdana ini akan mengangkat tema hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi dan terorisme. Indonesia akan menyaksikan gagasan dan program masing-masing kandidat terkait tema tersebut. (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH