Timses: Jokowi Tahu Betul Beratnya Bangun Papua Jokowi saat menjajal Trans Papua dengan motor trail, 10 Mei 2017 silam. (Biro Pers Setpres)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianggap tahu persis beratnya tantangan dalam membangun Papua. Aksi pembunuhan pekerja infrastruktur oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, baru-baru ini, hanya salah satu tantangan pembangunan di negeri cenderawasih.

"Itulah beratnya membangun di Papua tapi itu dilakukan oleh Pak Jokowi," kata Wakil Direktur Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf, Lukman Edy, kepada media, di Posko Cemara, Kamis (6/12).

Menurut Lukman, ada sejumlah faktor yang dinilai menjadi tantangan serius dalam membangun provinsi paling barat Indonesia itu. Pertama faktor alamnya, Papua didominasi pegunungan dan perbukitan yang sulit ditembus. Kemudian keterbatasan SDM, sehingga pemerintah harus mengirimkan dari luar daerah.

Kabupaten Nduga, lokasi pembantaian pekerja oleh KKB dilihat dari Google Maps (ist)

Lukman menambahkan Papua secara sosiologi juga berat, perbedaan kultur dan budaya menjadi kesulitan tersendiri. Ditambah lagi gangguan keamanan yang sewaktu-waktu terjadi seperti peristiwa pembantaian pekerja PT. Istaka Karya kemarin. Namun begitu, Politisi PKB meyakini Presiden Jokowi tidak akan mundur meskipun dihadapkan dengan tantangan semacam itu.

"Pak Jokowi tahu betul bahwa Papua itu adalah bagian dari NKRI dan atas dasar yang berat-berat itu kemudian apakah presiden enggak membangun Papua? Enggak. Seberat apapun tantangannya pasti pak Jokowi tetap akan bangun Papua," tandas mantan Menteri Percepatan Daerah Tertinggal (PDT) di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu. (Fdi)

Kredit : fadhli

Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH