Pilwalkot Solo 2020

Timses Gibran-Teguh Curiga Ada yang Sengaja Rusak 1.282 Surat Suara

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 13 Desember 2020
Timses Gibran-Teguh Curiga Ada yang Sengaja Rusak 1.282 Surat Suara
Paslon Gibran-Teguh memantau hasil hitung cepat Pilwakot Solo di Kantor DPC PDIP Solo, Rabu (9/12). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Hasil hitung cepat DPC PDIP Solo, paslon nomor 01, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa memperoleh 225.326 suara atau 86,13 persen. Sedangkan paslon nomor 02, Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) mendapatkan 36.298 suara atau 13,87 persen.

Ketua Tim Pemenangan Paslon Gibran-Teguh, Putut Gunawan mengatakan, surat suara rusak ini tidak dicoblos sama sekali, tetapi memang sengaja di rusak. Jumlahnya 1.282 surat suara rusak.

Baca Juga

Menantu Jokowi Masih Unggul dari Pesaingnya di Pilkada Medan

"Kalau suara tidak sah karena dicoblos keduanya atau dicoblos bagian garis tengah aja ada 107.300 suara," ujar Putut, Sabtu (12/12).

Melihat surat suara rusak sebanyak itu, kata dia, dia menduga ada anasir-anasir yang dengan sengaja merusak surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilwakot Solo pada 9 Desember kemarin.

Putut mengatakan angka kerusakan surat surat sekitar 15 persen hingga 20 persen ini mencatat rekor tertinggi dari sejarah pelaksanaan Pilwakot Solo.

"Saya menduga ada gerakan untuk melakukan perusakan surat suara itu. Apa motif pergerakan tersebut, yang jelas ini diduga ada yang sengaja menggerakkan," tegas dia.

Ketua Tim Pemenangan Paslon Gibran-Teguh, Putut Gunawan. (MP/Ismail)
Ketua Tim Pemenangan Paslon Gibran-Teguh, Putut Gunawan. (MP/Ismail)

Putut mengatakan surat suara rusak tersebut berpengaruh pada perolehan suara paslon Gibran-Teguh. Dengan angka kerusakan sekitar 20 persen inisangat tinggi.

"Mereka datang ke TPS mencoblos, tapi malah merusak kertas suara dan itu diduga kuat di bawah instruksi," kata dia.

Putut sangat menyayangkan sikap tersebut karena tidak memberikan pendidikan politik. Namun, demikian ia enggan membuka pihak yang dimasud menggerakkan perusakan surat suara tersebut.

"Biar masyarakat yang menilai. Semua orang pasti tahu karena sebelum Pilwakot Solo sudah mulai memperlihatkan geliatnya," tutup putut. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Bajo Raih 24 Suara, Gibran Menang Telak di TPS Keluarga Jokowi

#Breaking #Pilkada Serentak #Pilkada 2020 #Pilkada Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan