Timnas U-23 Batal ke Piala AFF, Menpora: Keputusan Tepat

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 11 Februari 2022
Timnas U-23 Batal ke Piala AFF, Menpora: Keputusan Tepat
Menpora Zainudin Amali bersama Ketum PSSI Mochamad Iriawan dan Shin Tae-yong. (Kemenpora)

MerahPutih.com - PSSI memutuskan untuk tidak memberangkatkan timnas Indonesia U-23 ke turnamen Piala AFF U-23 di Kamboja. Hal tersebut disebabkan kekurangan pemain karena beberapa di antaranya dinyatakan positif COVID-19.

Terkait hal itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali menilai, pertimbangan utama pelatih Shin Tae-yong sudah tepat.

Baca Juga

Dihantam Badai COVID-19, Garuda Muda Batal Ikut AFF U-23 Kamboja

“Kita tidak boleh memaksakan diri di tengah situasi seperti ini. Itu adalah kejadian di luar kehendak pelatih, federasi, apalagi pemerintah,” kata Zainudin Amali di Jakarta, Jumat (11/2).

Politisi Partai Golkar itu meminta PSSI untuk fokus dalam melakukan pemulihan dan penyembuhan pemain yang terpapar COVID-19. “Saya berharap supaya PSSI bisa fokus untuk penyembuhan para pemain yang terpapar,” ujarnya.

Ia meyakini berdasarkan pengalaman di PON XX Papua 2021 lalu, biasanya atlet yang terpapar penyembuhannya bisa cepat.

“Karena para atlet sesunguhnya punya kebugaran fisik yang bagus. Apalagi mereka semuanya sudah divaksin. Semoga kondisi mereka segera pulih,” harapnya.

Sementara terkait pelaksanaan kompetisi sepak bola yang sedang berlangsung saat ini, Amali menyerahkan sepenuhnya kepada PSSI dan PT LIB selaku penyelenggara untuk memutuskan berdasarkan pertimbangan kondisi yang ada.

Baca Juga

Besok Timnas U-23 Terbang ke Kamboja Pakai Pesawat Carter

Beberapa waktu lalu untuk kompetisi bola basket sudah diputuskan oleh PERBASI dan IBL untuk dihentikan sementara.

"Tentu kondisi kompetisi masing-masing cabor yang paling mengetahui adalah pimpinan cabor itu dan pengelola kompetisi masing-masing,” jelasnya.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia U-23 mundur dari Piala AFF U-23 2022. Karena badai COVID-19 yang melanda tim.

Dalam laporannya, PSSI menyebut ada tujuh pemain Timnas U-23 yang terpapar COVID-19. Mereka adalah Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Sementara empat pemain lainnya menunggu masa inkubasi karena sekamar dengan mereka yang terpapar COVID-19, yakni Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Disamping itu, sejumlah pemain mengalami cedera saat memperkuat klubnya masing-masing di BRI Liga 1 di antaranya Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal. (Knu)

Baca Juga

Menpora Restui Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat

#Zainudin Amali #Timnas Indonesia U-23 #Piala AFF
Bagikan
Bagikan