Timnas U-19 Waspadai Kebangkitan Filipina Timnas Indonesia U-19 (PSSI)

MerahPutih.com - Timnas Indonesia U-19 diminta untuk mewaspadai hasrat kebangkitan Filipina pada laga kedua Grup B Piala AFF U-18 di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Kamis (7/9).

Di pertandingan pembuka, The Azkals harus mengakui keunggulan Brunei Darussalam dengan skor 2-3. Sedangkan skuat Garuda Nusantara menang 2-1 atas Myanmar.

"Saya merasa Filipina punya motivasi untuk bangkit setelah mereka dikalahkan Brunei Darussalam di laga pertama. Kami tidak mau meremehkan mereka," ujar pelatih timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri, dikutip dari tim media Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), yang diterima di Jakarta, Rabu (6/9).

Pelatih yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 tahun 2013 ini pun menyiapkan rencana untuk meraih poin penuh dari Filipina.

Indra mengaku memiliki beberapa variasi permainan dan mungkin melakukan rotasi pemain.

"Kami mewaspadai lini depan dan pemain sayap Filipina yang cepat," kata dia, sembari menambahkan bahwa kemenangan atas Filipina penting untuk memperbesar peluang lolos ke semifinal.

Antisipasi kebangkitan Filipina juga digaungkan oleh para pemain timnas U-19.

"Filipina adalah tim yang bagus dan tentu tidak mau kalah lagi. Kami tidak menganggap enteng Filipina, tetapi kami wajib memenangkan laga besok," kata penyerang timnas U-19 Hanif Saghara.

Hanif menambahkan timnya sudah melakukan evaluasi dari laga pertama kontra Myanmar. Dia dan rekannya pun berjanji tidak akan mengulangi kekurangan yang dilakukan di pertandingan perdana tersebut.

Grup B Piala AFF U-18 2017 sendiri beranggotakan Indonesia, Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam dan tuan rumah Myanmar. Jika ingin melaju ke babak berikutnya atau semifinal maka Egy Maulana dan kawan-kawan sedikitnya harus menduduki posisi kedua grup.

Saat ini, Indonesia berada di posisi kedua klasemen sementara grup dengan tiga poin, di bawah Brunei Darussalam dengan poin serupa tetapi memasukkan gol lebih banyak.



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH