Timnas Senior Terpuruk, Menpora Tidak Akan Intervensi PSSI Pilih Pelatih Baru

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 21 November 2019
 Timnas Senior Terpuruk, Menpora Tidak Akan Intervensi PSSI Pilih Pelatih Baru
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali saat melakukan kunjungan kerja di Solo, Jawa Tengah, Rabu (20/11). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan, pemerintah tak akan melakukan intervensi terhadap PSSI dalam menentukan pelatih tim nasional (timnas) pengganti Simon McMenemy yang kontraknya habis. Pemilihan pelatih timnas, menjadi kewenangan penuh PSSI.

"Kami tidak ingin ikut campur urusan di PSSI. Terlalu beresiko jika itu dilakukan pemerintah. Sanksi dari FIFA bisa kena ke PSSI," ujar Zainudin saat melakukan kunjungan kerja di Solo, Jawa Tengah, Rabu (20/11).

Baca Juga:

Sindir PSSI, Menpora Amali: Masa Punya 260 Juta Rakyat Tidak Temukan Timnas yang Bagus

Berdasarkan pengalaman yang sudah ada, lanjut dia, Menpora akan lebih barhati-hati lagi. Pemerintah memilih membatasi diri, agar kejadian serupa tak terulang lagi.

Menpora Zainudin Amali tegaskan pihaknya tidak akan intervensi PSSI
Menpora Zainudin Amali tegaskan pihaknya tidak akan intervensi PSSI (MP/Ismail)

"Kami serahkan keputusan PSSI dalam memilih pelatih timnas senior. Siapapun yang dipilih oleh PSSI untuk pelatih tim nasional senior itu adalah kewenangan mereka," kata dia.

Menpora meminta masyarakat memberi kesempatan kepada siapapun pelatih yang dipilih PSSI. Baik untuk U-16, U-19 hingga pelatih tim senior. Ia yakin pelatih timnas junior saat ini akan mempu menunjukkan prestasi diajang yang diikutinya.

"Apakah nanti yang dipilih PSSI pelatih asing atau lokal terserah. Yang penting mampu membawa kejayaan bagi timnas dan mengharumkan nama Indonesia," terangnya.

Baca Juga:

Tonton Pembukaan Piala Presiden Bola Basket, Gibran Malah Ngaku Suka Sepak Bola

Diketahui, PSSI sedang sibuk mencari pelatih baru timnas menggantikan Simon McMenemy yang masa kontraknya habis dan tidak memperpajangnya. PSSI dikabarkan tertarik dengan dua kandidat pelatih baru, yakni Shin Tae-yong asal Korea Selatan dan Luis Milla asal Spanyol.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Zainudin Amali: Jusuf Kalla Jadi Wasit

#Zainudin Amali #Piala Dunia #PSSI #Pelatih Timnas Senior
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan