Timnas Indonesia Ubah Program Latihan Usai Kualifikasi Piala Dunia 2022 Ditunda TC Timnas Indonesia di Stadion Madya, Senayan. Foto: PSSI

MerahPutih.com - Kualifikasi Piala Dunia 2022 kembali ditunda yang awalnya digelar Oktober dan November menjadi tahun 2021 mendatang. Hal ini, disampaikan Konfederasi Sepak bola Asia (AFC)

“Mengingat situasi COVID-19 saat ini di banyak negara, FIFA, dan AFC telah sepakat untuk memutuskan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dan Piala Asia 2023, yang awalnya dijadwalkan pada Oktober-November 2020, akan dijadwalkan ulang pada 2021,” tulis AFC

Baca Juga

Braif Fatari Sebut Bertahan di TC Timnas Indonesia U-19 Bukan Hal Mudah

“Dengan tujuan melindungi kesehatan dan keselamatan semua peserta, FIFA dan AFC akan terus bekerja sama untuk memantau secara dekat situasi di negara peserta dan mengidentifikasi tanggal baru untuk masing-masing pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023,” tambah AFC.

Menanggapi kabar tersebut, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa PSSI menghormati keputusan AFC dan FIFA. Apalagi ini demi kesehatan dan keselamatan banyak orang.

"Dengan ini tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan, apalagi Piala AFF 2020 juga telah ditunda. Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia,” ujarnya dilaman resmi PSSI, Rabu (12/8)

PSSI
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Foto: PSSI

Sementara, terkait turnamen Piala AFC U-19 dan U-16 2020, hingga saat ini AFC masih menjadwalkan dua turnamen itu digelar sesuai jadwal. Piala AFC U-19 dijadwalkan digelar pada 14 hingga 31 Oktober di Uzbekistan. Untuk Piala AFC U-16 dihelat pada 25 November hingga 12 Desember mendatang.

“PSSI mendapat informasi dari AFC bahwa masih menjadwalkan turnamen Piala AFC U-19 dan U-16 2020 sesuai jadwal. Namun demikian hal tersebut bisa menjadi pembahasan di Komite Kompetisi AFC. Setiap federasi dan negara anggota AFC diperkenankan untuk memberikan masukan terkait kedua turnamen tersebut, hal ini sangat baik karena PSSI ada pak Endri Erawan (Exco PSSI) yang menjadi anggota Komite Kompetisi AFC,” tambah Iriawan.

Baca Juga

Ryuji Utomo Tak Ingin Buang Kesempatan untuk Bela Timnas Indonesia Usai Absen Lama

Saat ini, tiga timnas Indonesia (Senior, U-19, dan U-16) melakoni pemusatan latihan (TC) di Jakarta dan Bekasi. Dua timnas (Senior dan U-19) dibawah komando pelatih Shin Tae-yong dan timnas U-16 dipimpin Bima Sakti. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH