Asian Games 2022

Timnas Indonesia U-24 Hadapi Laga Hidup Mati Lawan Korea Utara

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 24 September 2023
Timnas Indonesia U-24 Hadapi Laga Hidup Mati Lawan Korea Utara
Timnas Indonesia U-24. Foto: NOC Indonesia

MerahPutih.com - Tim nasional (Timnas) Indonesia U-24 menghadapi laga hidup-mati melawan Korea Utara pada Minggu (24/9), untuk menentukan langkah mereka di ajang Asian Games 2022.

Tim asuhan Indra Sjafri berada dalam kondisi yang tidak menguntungkan untuk dapat lolos dari Grup F Asian Games. Setelah membuka perjalanan dengan kemenangan 2-0 atas Kyrgyzstan, timnas U-24 kemudian takluk 0-1 dari Taiwan pada laga keduanya.

Baca Juga

Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia U-24 Vs Korea Utara

Kedua hasil tersebut membuat Indonesia kini menghuni posisi kedua dengan koleksi tiga poin, hasil dari satu kemenangan dan satu kekalahan. Poin Indonesia sama dengan Taiwan, namun Indonesia berhak berada di posisi kedua karena unggul produktivitas gol.

Calon lawan skuad Garuda, yakni Korea Utara, sudah lebih dahulu memastikan lolos ke fase gugur. Berbekal dua kemenangan atas Taiwan dan Kyrgyzstan, Korea Utara kini nyaman menghuni puncak klasemen Grup F dan pasti melaju ke 16 besar apapun hasil yang didapat pada pertandingan terakhir.

Seandainya pada pertandingan kontra Korea Utara, timnas U-24 menelan kekalahan, masih terbuka peluang untuk lolos ke fase gugur. Yakni berharap Kyrgyzstan secara mengejutkan mampu mengalahkan Taiwan, atau lolos dengan menjadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Dari sejumlah pertemuan yang pernah terjadi antara Indonesia kontra Korea Utara, sejarah berpihak pada sang calon lawan.

Baca Juga

Indra Sjafri Ungkap Penyebab Kekalahan Timnas U-24 dari Taiwan

Pada level senior, diawali dari pertemuan pada kualifikasi Piala Asia 1979, timnas Indonesia ditaklukkan 1-3. Catatan buruk tersebut berlanjut pada delapan pertemuan berikutnya sampai 2012 silam, dengan torehan total delapan kekalahan dan satu kali imbang.

Sedangkan pada kategori U-23, pertemuan terakhir antara kedua negara terjadi pada Asian Games 2014. Saat itu timnas takluk 1-3 dari Korea Utara pada fase 16 besar.

Korea Utara U-24 juga sedang menjalani tren positif, setelah pada Asian Games ini mereka meraih kemenangan 2-0 atas Taiwan serta menang tipis 1-0 atas Kyrgyzstan.

Dengan melihat kebutuhan tim untuk mendapatkan kemenangan pada laga hidup-mati, pelatih Indra Sjafrie kemungkinan akan menggunakan formasi 4-3-3 dengan mengandalkan serangan balik.

Kiper Persebaya Surabaya Ernando Ari diyakini akan kembali mengawal gawang timnas, setelah ia sempat disimpan saat Indonesia menghadapi Taiwan.

Di lini belakang, kuartet Andy Setyo, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, dan Mohammad Haykal diperkirakan akan menjadi tembok sebelum para pemain lawan sempat berhadapan dengan kiper Ernando.

Untuk lini tengah, trio Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, dan Ananda Raehan akan bekerja sebagai pemain jangkar, pemotong alur serangan lawan, serta pendistribusi bola.

Sedangkan untuk lini depan, diperkirakan akan kembali dihuni Egy Maulana Vikri, Hugo Samir, dan Ramai Rumakiek dengan mengandalkan kecepatan dan eksplorasi ruang untuk dapat mematahkan pertahanan Korea Utara. (*)

Baca Juga

Hitung-hitungan agar Timnas Indonesia U-24 Lolos ke Babak 16 Besar Asian Games 2022

#Asian Games
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan