Sepak Bola

Timnas Indonesia Kalahkan Guyana, Pembuktian Spaso

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 25 November 2017
Timnas Indonesia Kalahkan Guyana, Pembuktian Spaso
Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Ilija Spasojevic melakukan selebrasi (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

MerahPutih.Com - Pemain naturalisasi Ilija Spasojevic menjadi sosok protagonis ketika Timnas Indonesia mengalakah Guyana dengan skor 2-1 di Stadion Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/11).

Striker yang akrab disapa Spaso ini membuktikan bahwa dirinya tak salah dipanggil Luis Milla bergabung Timnas Senior. Spaso memborong dua gol dalam laga persahabatan FIFA tersebut.

Dua gol tersebut dicetak oleh Spaso pada menit ke-36 babak pertama melalui tendangan penalti dan di paruh kedua tepatnya menit ke-75. Gol Guyana sendiri dibuat oleh Shaquille Agard pada menit ke-9.

Bagi Spaso, gol-gol tersebut membuat dirinya sudah mengoleksi dua gol bagi tim nasional Indonesia dari dua laga.

Adapun dalam partai Indonesia versus Guyana, pelatih timnas Indonesia Luis Milla membawa 21 pemain, tetapi hanya Spaso yang berstatus sebagai pemain senior, sisanya merupakan punggawa timnas U-23.

Bertanding dengan dukungan ribuan pendukung setia timnas Indonesia, Indonesia sempat merepotkan Guyana di awal-awal laga.

Namun, kelengahan lini pertahanan pada menit ke-9 membuat Shaquille Agard lolos sendirian di kotak penalti Indonesia dan dengan tenang memasukkan bola ke gawang yang dikawal Awan Setho Raharjo.

Tertinggal 0-1, Indonesia mengambil inisiatif menekan demi mengejar defisit gol. Sempat dua kali mendaptkan peluang melalui tendangan Evan Dimas, Indonesia akhirnya berhasil membuat gol pada menit ke-36 melalui tendangan penalti yang sukses dilakukan Spaso.

Tendangan penalti sendiri didapatkan usai pemain Guyana menyentuh bola umpan dari pemain sayap Indonesia Febri Hariyadi. Skor 1-1 bertahan sampai babak pertama selesai.

Di babak kedua, Indonesia sebagaimana dilaporkan Antara tampil lebih baik dan lebih merepotkan lawan. Setelah beberapa kali mendapatkan peluang, gol kedua baru datang di menit ke-75.

Berawal dari sisiran sayap kanan, bola yang diterima Febri Hariyadi di sebelah kiri lini serang Indonesia diteruskan ke Spaso yang berdiri bebas di depan gawang. Penyerang yang dinaturalisasi dari Montenegro itu tanpa kesulitan memasukkan bola ke dalam gawang Guyana.

Sebagai informasi, saat masa istirahat pertandingan, PSSI mengadakan acara pemberian penghargaan kepada pemain Persela Lamongan Choirul Huda yang meninggal dunia seusai timnya menghadapi Semen Padang, Minggu (15/10). Apresiasi ini diterima langsung oleh istri dan anak-anak almarhum.(*)

#Ilija Spasojevic #Iimnas Indonesia #Luis Milla
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan