Timnas Indonesia Dihajar Vietnam

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 08 Juni 2021
Timnas Indonesia Dihajar Vietnam
Indonesia Vs Vietnam. (Foto: PSSI)

MerahPutih.com - Tim Nasional (Timnas) Indonesia harus menelan kekalahan 0-4 dari Vietnam pada laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, yang digelar di Stadion Al Maktoum, Dubai, Senin (7/6) malam.

Empat gol Vietnam dilesakkan pada babak kedua melalui Nguyen Tien Linh, Nguyen Quang Hai, Nguyen Cong Phuong, dan Vu Van Thanh.

Baca Juga:

Siasat Park Hang-seo Bikin Pelatih Timnas Indonesia Sulit Meraba Vietnam

Dengan hasil tersebut, Indonesia tetap menjadi juru kunci Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dengan koleksi satu poin dari tujuh laga. Adapun Vietnam kokoh di puncak klasemen dengan 14 poin dari enam pertandingan.

Dalam pertandingan tersebut, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong merotasi tiga pemain di susunan 11 pertama. Tiga nama yang sempat berlaga saat menghadapi Thailand pada Kamis (3/6), yaitu Egy Maulana, I Kadek Agung, dan Witan Sulaeman tidak diturunkan dari menit awal saat melawan Vietnam.

Sisanya, Shin tetap memainkan sosok pemain yang sama, yaitu kapten tim Evan Dimas, kiper Nadeo Argawinata, gelandang Syahrian Abimanyu, penyerang Kushedya Yudo, dan kwartet bek Pratama Arhan, Arif Satria, Rizky Ridho serta Asnawi Mangkualam.

Dengan strategi demikian, Indonesia tidak berkutik di hadapan Vietnam pada paruh pertama laga. Namun, meski mendominasi permainan dengan 70 persen lebih penguasaan bola, Vietnam tak dapat membuat gol ke gawang Indonesia. Skor 0-0 bertahan sampai turun minum.

Timnas Indonesia. (Foto : PSSI)
Timnas Vietnam. (Foto : PSSI)

Pada babak kedua, Vietnam mencuri gol pada menit ke-51 via kaki Nguyen Tien Linh. Proses gol ini sempat diprotes pemain Indonesia yang menganggap Tien Linh menyentuh bola dengan tangan sebelum menendang bola.

Menit ke-62, Vietnam memperlebar keunggulan berkat gol kaki kiri Nguyen Quang Hai dari luar kotak penalti. Lima menit kemudian, giliran Nguyen Cong Phuong yang merobek gawang Indonesia.

Egy Maulana yang masuk pada babak kedua sempat mengancam gawang Vietnam, tetapi bola yang disepaknya cuma menghantam mistar gawang.

Vietnam lalu mengunci gol keempat pada menit ke-74 dengan lesakan kaki kiri Vu Van Thanh.Skor 4-0 pun tidak berubah hingga pertandingan usai. Timnas Indonesia masih menyisakan satu laga di Grup G, yakni melawan Uni Emirat Arab pada Jumat (11/6).

Berikut susunan pemain Vietnam versus Indonesia.

Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Pratama Arhan, Arif Satria, Rizky Ridho Ramadhani, Asnawi Mangkualam, Yakob Sayuri (46', Egy Maulana), Rachmat Irianto (81', Kadek Agung), Syahrian Abimanyu (69', Saddam Gaffar), Osvaldo Haay (46', Osvaldo Haay), Evan Dimas (kapten), Kushedya Yudo (69', Muhammad Rafli).

Vietnam: Bui Tan Truong, Do Duy Manh (79', Nguyen Thanh Chung), Que Ngoc Hai (kapten), Bui Dung, Vu Van Thanh, Nguyen Phong Hong Duy, Nguyen Tuan Anh (36', Luong Xuan Truong), Phan Van Duc (61', Nguyen Hoang Duc), Nguyen Van Toan (46', Nguyen Cong Phuong), Nguyen Quang Hai, Nguyen Tien Linh (79', Doan Van Hau).

Baca Juga:

Shin Tae-yong Pulangkan Nurhidayat dari Timnas Indonesia

#Iimnas Indonesia #Piala Dunia 2022 #Kualifikasi Piala Dunia Asia #Piala Dunia 2022 Qatar #Timnas U22 #Shin Tae-yong
Bagikan
Bagikan