Tim Senam Artistik Bertekad Samai Raihan Medali Emas SEA Games 2019

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 10 Mei 2022
Tim Senam Artistik Bertekad Samai Raihan Medali Emas SEA Games 2019
Pemberangkatan tim senam artistik Indonesia ke SEA Games 2021 di Bandara Soekarno - Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/5). (Foto: MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Tim nasional senam artistik Indonesia bersiap mengharumkan nama bangsa dan negara di ajang SEA Games 2021.

Mereka berupaya menjaga perolehan medali seperti SEA Games sebelumnya. Tak tanggung-tanggung, timnas senam artistik Indonesia menerjunkan empat atlet senam terbaik. Yaitu Rifda Irfanaluthfi, Ameera Rahmajanni, Dwi Samsul Arifin, dan Abiyu Rafi. Dengan didampingi pelatih Indra Sibarani dan Eva Butar-Butar.

Kontingen dilepas Wakil Sekretaris Chef de Mission kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Susan Soebakti.

Baca Juga:

Jadwal Pertandingan Tim Indonesia di SEA Games 2021, Selasa (10/5)

Mereka berangkat ke Hanoi, Vietnam melalui Bandara Soekarno - Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/5). Lalu bersiap untuk bertanding 13 -16 Mei mendatang di Quan Ngua Sports Palace, Hanoi.

Pelatih senam artistik Eva Butar-Butar memastikan tim dalam keadaan siap tempur untuk mengharumkan nama bangsa.

"Target dari Persani (Persatuan Senam Indonesia) ke Kemenpora emas. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan itu," jelas Eva yang memakai jaket ofisial tim Indonesia di SEA Games ini.

Eva mengaku yakin timnya mampu memenuhi target seperti di SEA Games 2019 Filipina, dengan berhasil membawa pulang dua medali emas.

"Memang dari (SEA Games) 2017 dan 2019 kami dapat emas. Semoga bisa mengulang kesuksesan sebelumnya," ungkap Eva yang juga mantan pesenam artistik top nasional ini.

Menurut Eva, skuat kali ini merupakan kombinasi dari pesenam berpengalaman dan yang junior. Salah satunya Rifda yang sebelumnya mendapat medali di SEA Games 2019 Filipina, kembali menjadi andalan untuk mendulang emas di Vietnam.

"Ada juga juniornya yang memang kami persiapkan untuk ke depannya. Supaya regenerasinya tak putus ya," harap Eva.

Baca Juga:

Jadwal Pencak Silat Berubah, Indonesia Mulai Berburu Medali Emas Perdana 11 Mei

Lebih jauh, Eva hanya berharap, ke depannya tim senam artistik mendapatkan bantuan tim medis seperti terapis dan masseur tetap untuk ikut mendampingi saat pertandingan. "Karena kami high performance yang risiko cedera tinggi," tutup dia.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Susan Soebakti meyakini, tim senam artistik bakal memperoleh hasil maksimal.

"Saya yakin mereka bisa membawa harum nama bangsa dan negara," kata Susan seraya berpesan agar para atlet tetap menjaga kondisi dan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Ketua Komite Olimpiade (NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari, memberikan pesan penting kepada para atlet saat melepas keberangkatan mereka, Selasa (10/5) di Bandara Soekarno - Hatta.

Okto berpesan untuk meraih prestasi terbaik agar Merah Putih berkibar di podium tertinggi. “Mereka juga harus tampil maksimal karena di pundak mereka kita percayakan harkat dan martabat Merah Putih dan Indonesia Raya," kata Okto.

Terkait target medali, bagi Okto yang terpenting adalah para atlet memberikan penampilan maksimal pada setiap cabang olahraga yang diikuti.

“Karena ini extraordinary SEA Games dan tidak ada ketetapan secara negara. Jadinya, target bukan secara negara, tetapi secara cabang olahraga,” ungkap orang nomor satu di NOC Indonesia itu. (Knu)

Baca Juga:

Strategi NOC dan CdM Minimalisir Kesalahan Hasil Tes Covid-19 Atlet di SEA Games Vietnam

#SEA Games #Sea Games 2021
Bagikan
Bagikan