Tim SAR Temukan Korban Helikopter Polri Jatuh di Pantai Burung Mandi

Mula AkmalMula Akmal - Senin, 28 November 2022
Tim SAR Temukan Korban Helikopter Polri Jatuh di Pantai Burung Mandi
Kabag Penum Div Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan. Foto: Antara/HO/Polri

MerahPutih.com - Tim SAR menemukan satu jenazah kru helikopter milik Polri dengan nomor registrasi 105/P-1103 yang hilang kontak pada Minggu (28/11) ditemukan. Jenazah tersebut ditemukan di Pantai Burung Mandi.

"(Teridentifikasi atas nama) Bripda Khoirul Anam," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi wartawan, Senin (28/11).

Baca Juga:

Helikopter Polisi Dipastikan Jatuh, Kru Berjumlah Empat Orang

Tim juga menemukan tas laptop berwarna hitam. Setelah itu, jasad dan tas tersebut langsung dievakuasi dengan menggunakan perahu nelayan.

Pencarian helikopter Polri yang hilang kontak akan difokuskan di Perairan Manggar Belitung.

“Pukul 20.30 WIB, nelayan melaporkan adanya temuan sandaran kursi penumpang helikopter di Perairan Manggar Belitung. Tepatnya di dekat pantai. Maka, pencarian difokuskan di Perairan Manggar Belitung,” ujar Ahmad.

Ahmad mengatakan kini jenazah diduga kru helikopter Polri yang hilang kontak di Perairan Bangka Belitung tersebut dibawa ke bibir pantai dengan perahu nelayan.

Pihaknya dan petugas kesehatan juga sudah menunggu untuk membawa jenazah ke rumah sakit.

Awalnya ada dua helikopter yang akan terbang menuju Tanjung Pandan. Dua helikopter itu antara lain P-1113 dan P-1103.

Pukul 08.15 WIB dua helikopter take off dari Palangkaraya ke Pangkalan Bun. Lalu, pukul 11.00 WIB dari Pangkalan Bun ke Tanjung Pandan. Pada pukul 13.54 WIB, helikopter melewati cuaca buruk.

Kapten pilot helikopter P-1113 mengambil keputusan untuk naik ke ketinggian 5 ribu kaki. Posisinya sebelum Tanjung Pandan.

Baca Juga:

Helikopter Polri Hilang Kontak Usai Turunkan Ketinggian di Tengah Cuaca Buruk

Sementara itu, kapten pilot helikopter P-1103 mengambil keputusan untuk turun menuju ketinggian 3.500 kaki.

Pada pukul 14.00 WIB, kapten pilot helikopter P-1113 berupaya memanggil crew helikopter P-1103 melalui frekuensi radio helikopter.

Akan tetapi, panggilan itu tidak kunjung mendapatkan jawaban.

Sekitar pukul 14.24 WIB, kapten pilot helikopter P-1113 yang sudah landing di Bandara Tanjung Pandang langsung melakukan pengecekan posisi helikopter P-1103 di tower.

Di dalam manifes penerbangan helikopter tersebut, terdapat empat kru helikopter P 1103 yang juga merupakan anggota Polri.

Keempat anggota tersebut yakni AKP Arif Saleh yang merupakan Capt Helikopter, Briptu Lasminto, Aipda Joko M dan Bripda Khoirul Anam.

Helikopter yang merupakan Helikopter BKO Polda Kalimantan Tengah ini take off dari Pangkalan Bun dan bertolak ke Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (Knu)

Baca Juga:

Helikopter Polri Hilang Kontak di Sekitar Bangka Belitung

#Helikopter #Polri
Bagikan
Bagikan