Tim SAR Perpanjang Pencarian Pilot Helikopter NBO-105 Milik Polisi

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 05 Desember 2022
Tim SAR Perpanjang Pencarian Pilot Helikopter NBO-105 Milik Polisi
Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Drs Yan Sultra melepas satu jenazah Kru Helikopter P-1103. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Helikopter NBO-105 atau P-1103 milik Korps Polairud Baharkam Mabes Polri hilang dilaporkan kontak di perairan Manggar, Belitung Timur pada, Minggu (27/12) lalu.

Helikopter tersebut terbang dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah menuju Tanjung Pandan. Sebanyak tiga dari empat kru telah berhasil ditemukan yakni Bripda Khoirul Anam, Briptu Mochamad Lasminto, dan Aipda Joko Mudo. Saat ini tim SAR gabungan masih mencari keberadaan pilot yakni AKP Arif Rahman Saleh.

Baca Juga:

Istri Minta Aipda Joko Mudo Korban Helikopter Polri Dimakamkan di Depok

Tim SAR gabungan memperpanjang pelaksanaan kegiatan pencarian dan evakuasi Helikopter NBO-105 selama tiga hari ke depan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkal Pinang, I Made Oka Astawa mengatakan, pelaksanaan operasi SAR tersebut diperpanjang guna menemukan keberadaan pilot AKP Arif Rahman Saleh.

Tim memperkirakan saat ini pilot AKP Arif Rahman Saleh masih berada di badan pesawat karena masih terikat safety belt atau sabuk pengaman.

"Dugaan korban memang masih berada di dalam pesawat," ujarnya.

Oka menambahkan, sebelumnya pada hari ketujuh pencarian, tim memaksimalkan pencarian dengan menurunkan sebanyak 20 penyelam.

"Penyelaman dilakukan di sebanyak tujuh titik yang sudah ditentukan," katanya.

Selain itu, pencarian juga dilakukan melalui udara menggunakan helikopter Polri, pencarian di atas permukaan laut menggunakan 20 kapal dan pencarian di bawah permukaan laut menggunakan tiga kapal dari Pushidrosal TNI Angkatan Laut.

"Pencarian bawah laut menggunakan peralatan elektronik seperti MBES, SSS dan magnetometer dengan mengcover area sekitar 50 persen dari yang direncanakan," ujarnya diikutip Antara (*)

Baca Juga:

Aipda Joko Mudo Korban Helikopter Jatuh di Perairan Babel adalah Warga Sragen

#Polisi #Tim SAR
Bagikan
Bagikan