Tim Pencak Silat Indonesia Angkat Piala Borong 9 Medali Emas di Sea Games 2023

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 25 Mei 2023
Tim Pencak Silat Indonesia Angkat Piala Borong 9 Medali Emas di Sea Games 2023
Pencak Silat Regu Putra berhasil meraih medali emas di Sea Games 2023. (Foto: Instagram/@pb.pencaksilatindonesia)

CABANG olahraga pencak silat berhasil membawa pulang medali emas paling banyak dari ajang SEA Games 2023 dengan total jumlah sembilan medali emas, enam perak, dan satu perunggu. Lebih hebatnya lagi, timnas pencak silat Indonesia berhasil angkat piala sebagai juara umum di Sea Games 2023.

Lantas, siapa sih para pejuang yang berhasil angkat piala kemenangan di Kamboja ini? Di balik kemenangan yang manis ini ada pesilat-pesilat kebanggaan Indonesia, yaitu Iqbal Candra Pratama (tanding putra kelas F), Jane Elvis Kause (tanding putri kelas E), Khoirudin Mustakim (tanding putra kelas A), Atifa Fismawati (tanding putri kelas D), Muhammad Zaki Zikrillah Prasong (tanding putra kelas B), Safira Dwi Meilani (tanding Putri Kelas B), Puspa Arumsari (tunggal putri), Tito Hendra Septa (tanding putra kelas E), dan Anggi Faizol-Asep Yuldan-Rano Slamet (regu putra).

Baca Juga:

'Clean and Jerk' 170 kg Eko Yuli Pecahkan Rekor Sekaligus Angkat Piala di Sea Games 2023

Penyumbang medali perak ada Suci Wulandari (under A Female), Yacher Arafah (tanding putra kelas C), Nia Larasati (tanding putri kelas E), Kadek Andrey Prayada (tanding putra kelas D), Bayu Lesmana (under A male), dan Ririn Rinasih/Riska Hermawan (ganda putri artistik). Lalu Ronaldo Neno (tanding putra kelas I) berhasil mendapatkan perunggu.

“Dengan ini target juara umum di pencak silat bisa tercapai. Ini semua berkat doa masyarakat Indonesia, berkat izin Yang Di Atas, pencak silat Indonesia menjadi juara umum,” kata Wahyo Yuniartoto selaku manajer timnas pencak silat Indonesia kepada Antara di Chroy Changvar Convention Center Phnom Penh, Rabu (10/5).

Meski Indonesia berhasil angkat piala, tetapi tak dapat dimungkiri prosesnya dalam membawa pulang kemenangan tidak semudah kedengarannya. Salah satu pesilat yang membawakan emas Safira Dwi Meilani diketahui hampir kalah.

Safira bercerita bagaimana ia sempat alami stres ketika berhadapan dengan pesilat asal Vietnam Nguyen Hoang Hong An saat pertandingan final nomor tanding putri kelas B SEA Games 2023 berlangsung.

Baca Juga:

Terry Yudha Kusuma Angkat Piala Balap Sepeda Pertama di Sea Games 2023

Saat itu, dirinya sedang berada di atas dengan jumlah poin 61, sedangkan sang lawan hanya memeroleh poin 43. Detik-detik kemenangan hampir tiba karena waktu menunjukkan hanya tinggal 18 detik saja. Namun, tak disangka-sangka bahunya tiba-tiba mengalami dislokasi yang mengakibatkan wasit harus memberhentikan pertandingan dan memberikan kemenangan kepada Vietnam.

Tim Indonesia sempat melontarkan protes akan keputusan wasit yang dianggap tidak adil dengan memenangkan Vietnam hanya karena perkara Safira cedera. Padahal, selama pertandingan ia terus memimpin.

“Kalau itu sih sempat stres dengan keputusan wasit juri soalnya kita VAR memang gak diterima. Jadi setelah banding, alhamdulillah disetujui, alhamdulilah sih. Kalau memang rezeki gak ke mana,” kata Safira.

Untungnya, pada akhirnya kemenangan tetap berpihak kepada Safira dan dirinya dengan bangga bisa angkat piala di Kamboja. (kmp)

Baca Juga:

Persiapan Tim Hoki Indoor Putra Indonesia untuk 'Angkat Piala' di Sea Games 2023



#Mei Sebangsa Angkat Piala
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan