Tim Panahan Raih Medali Perunggu Asian Games 2022 hingga Dapat Tiket Olimpiade

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 04 Oktober 2023
Tim Panahan Raih Medali Perunggu Asian Games 2022 hingga Dapat Tiket Olimpiade
Tim Panahan Indonesia. (Foto: NOC Indonesia)

MerahPutih.com - Cabang olahraga panahan kembali meloloskan atlet ke Olimpiade 2024 Paris.

Tiket didapat Diananda Choirunisa usai mengamankan medali perunggu bersama Riau Ega Agatha Salsabila pada nomor mixed team recurve di Asian Games 2022 Hangzhou.

Dengan hasil tersebut, Anis, sapaan karib Diananda, mengunci tiket di nomor recurve perorangan putri.

Baca Juga:

2 Perak Asian Games 2022 Jadi Raihan Positif Panjat Tebing Jelang Olimpiade

Ia menyusul Arif Dwi Pangestu yang sudah lebih dulu mengamankan tiket recurve nomor perorangan putra di Kejuaraan Dunia Panahan di Berlin, Jerman, Agustus lalu.

“Seperti yang saya katakan, Asian Games Hangzhou ini memang harus dimanfaatkan untuk meraih tiket Olimpiade, dan ini berhasil dibuktikan oleh panahan,” kata Raja Sapta Oktohari, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) dalam keterangannya, Rabu (4/10).

Anis mendapat tiket Olimpiade Paris setelah mempersembahkan medali perunggu bersama Riau Ega Agatha Salsabila.

Ega\Anis menang 6-2 di perebutan medali perunggu. Sementara emas diamankan oleh pasangan Korea Selatan yang diperkuat Lee Wooseok\Lim Sihyeon usai menumbangkan Takaharu Furukawa\Satsuki Noda (Jepang) dengan skor 6-0.

Dikutip pada laman World Archery, ada enam tiket yang diperebutkan di Asian Games, tetapi hasil di nomor mixed team yang menjadi acuan utama.

Korea Selatan yang menjadi juara di nomor mixed team hanya bisa mendapat tambahan satu tiket di perorangan putri. Sebab Negeri Gingseng ini sudah mengamankan tiga tiket Olimpiade beregu putra di Kejuaraan Dunia Panahan di Berlin, Jerman, Agustus lalu.

Berdasarkan perhitungan ranking, World Archery akhirnya hanya memberikan lima tiket dari enam tiket yang diperebutkan, yakni kepada Korea Selatan (1 putri), China (1 putra, 1 putri), Indonesia (1 putri), dan Mongolia (1 putra).

Baca Juga:

Marc Marquez Tinggalkan Honda, Keputusan Diresmikan di Seri Mandalika

Indonesia yang sudah mengamankan tiket recurve putra di Berlin, sehingga hanya bisa menambah di nomor beregu. Sebab, persyaratan kualifikasi Olimpiade panahan adalah satu negara yang sudah mengamankan tiket Olimpiade di nomor perorangan, hanya diperbolehkan berebut tiket Olimpiade di nomor beregu.

“Kalau kita mau ambil tiket ke full team, beregu ke Olimpiade, nanti perebutannya di Kejuaraan Asia di Bangkok, November nanti dan di Kejuaraan Dunia di Turki, Juni 2024 itu yang terakhir,” ungkap Hendra.

"Tadinya kita juga tidak tahu kalau dapat tiket ke Olimpiade. Tapi saat ceremony anak-anak cerita kalau dikasih tahu dari tim World Archery dapat tiket, lalu kami cari informasi dari panitia di sini dan ternyata benar," imbuhnya.

Di sisi lain, Hendra mengatakan secara prediksi target raihan Ega dan Nisa di mixed team recurve sebenarnya adalah medali emas atau perak.

Meskipun kenyatannya keduanya terhenti di semifinal dan berhak atas perunggu.

"Secara progres catatan latihan kita harusnya bisa, tapi kita tetap bersyukur dan masih ada peluang lagi besok," sebutnya.

Tim Indonesia panahan masih berpeluang menambah perolehan medali di Asian Games 2022 Hangzhou.

Nomor yang masih akan dipertandingkan adalah tim beregu compound, beregu recurve putra dan putri serta perebutan medali perunggu perorangan putri. (Knu)

Baca Juga:

Tim Perahu Naga Persembahkan Satu Perak dan Perunggu

#Asian Games #Asian Games Hangzhou #Olimpiade
Bagikan
Bagikan