Tim Investigasi Terus Usut Penyebab Kematian Bayi Debora Bayi Debora (kanan) bersama sang kakak. (Instagra/henny.silalahi)

MerahPutih.com - Ketua Tim Investigasi Dinkes DKI Jakarta Tienke Maria Margaretha mengatakan masih melakukan pembuktian untuk mencari penyebab kematian bayi Debora di RS Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

Tim yang beranggotakan 19 orang dari berbagai unsur itu langsung bekerja setelah dibentuk pada Jumat (15/9) lalu.

"Tim investigasi sudah turun pada hari Jumat, dari jam 14.00 sampai 21.00 (WIB) malam. Kami bagi menjadi dua tim, pertama untuk melihat manajemen, yang kedua untuk medis," katanya saat ditemui di Gedung KPAI, Jakarta Pusat, Senin (18/9).

Terkait hasilnya, Kepala Bidang Pelayanan Dinkes DKI Jakarta itu mengaku masih berkoordinasi dengan tim.

"Hasilnya belum bisa kami sampaikan karena harus kami bicarakan hasil temuan masing-masing," ujarnya.

Menambahkan, Tienke menuturkan berdasarkan pengakuan RS Mitra Keluarga Kalideres, mereka telah meminta uang muka kepada pasien dengan kasus gawat darurat. Kedua menerima uang kepada pasien yang terdaftar sebagai anggota BPJS dan meminta keluarga untuk mencari RS rujukan sendiri.

"Itu juga yang kami sampaikan ke KPAI dalam pertemuan tadi," tandasnya.

Sebelumnya, Tiara Debora Simanjorang meregang nyawa di RS Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat. Diduga, pihak RS tidak memfasilitasi korban dengan teknologi PICU karena kekurangan biaya. (Fdi)

Baca juga berita terkait kematian bayi Debora dalam artikel: Kematian Bayi Debora, RS Mitra Keluarga Penuhi Panggilan KPAI

Kredit : fadhli


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH