Tim Investigasi Garap RS Mitra Keluarga IGD RS Mitra Keluarga Kalideres. (mitrakeluarga.com)

MerahPutih.com - Tim Investigasi bentukan Dinkes DKI Jakarta mulai bergerak menyelidiki manajemen RS Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (15/9). Penyelidikan tersebut terkait dengan kematian Tiara Debora, putri pasangan Henny Silalahi dan Rudianto Simanjorang.

Investigasi akan dilakukan secara menyeluruh mulai dari sisi medis, administrasi, hingga manajemen.

Tienke Maria Margaretha, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes DKI Jakarta mengatakan pihaknya sudah membentuk tim yang beranggotakan 19 orang serta dua ahli.

Tim ini terdiri dari berbagai unsur di antaranya, Dinkes Jakarta, Kemenkes, IDI, dan Kemenko PMK.

"Tim ini nantinya akan menyelidiki secara konferensif terkait kematian bayi Debora," kata Tienke di kantornya, Jumat (15/9).

Dijelaskannya, tim ini juga memiliki kewenangan untuk melakukan investigasi, dengan cara memanggil dan meminta keterangan saksi atau ahli, memeriksa data dokumen surat menyurat berupa data informasi dan elektronik atau medical dari para pihak dan rekam medis kesehatan terkait.

"Tim ini nantinya akan merekomendasikan hasil investigasi kepada Kadinkes DKI Jakarta dan Gubernur," tandasnya.

Sebelumnya, Dinkes DKI telah meminta keterangan RS Mitra Keluarga terkait kematian bayi Debora. Namun, RS berkilah telah melakukan penanganan sesuai SOP.

Pernyataan berbeda keluar dari pihak keluarga korban. Mereka menganggap kematian Debora karena kelalaian RS. Bayi Debora tidak difasilitasi ruang penanganan intensif PICU dikarenakan kekurangan biaya. (Fdi)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Ungkap Kasus Kematian Debora, Polisi Tunggu Kesediaan Keluarga

Kredit : fadhli


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH