Tim Gegana Diturunkan atas Kasus Paparan Radioaktif di Serpong Petugas BATAN dan BAPETEN melakukan dekontaminasi zat radioaktif di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan, Senin, (17/2). (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Polisi masih menyelidiki penemuan limbah radioaktif jenis Cs 137 di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan.

Karopenmas Polri Brigjen Argo Yuwono menuturkan, tim yang turut dalam penyelidikan itu terdiri dari Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri dan laboratorium forensik.

Baca Juga:

Sisa Paparan Radioaktif di Perumahan Batan Indah Serpong

"Sampai saat ini kita masih dalam tahap-tahap lidik, tahap komunikasi dengan Batan ya di sana," ujar dia Argo kepada wartawan di Komnas HAM, Jakarta Pusat, Senin (18/2).

Sementara itu, Kabag Penum Mabes Polri Kombes Asep Adi Saputra menjelaskan, tim Gegana diturunkan bukan hanya karena kaitan dengan terorisme, melainkan karena ada kesesuaian dengan Detasemen E Gegana yang punya kemampuan kimia, biologi dan radioaktif (KBR).

Petugas BATAN dan BAPETEN melakukan dekontaminasi zat radioaktif di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan, Senin, (17/2). (Foto: MP/Rizki Fitrianto)
Petugas BATAN dan BAPETEN melakukan dekontaminasi zat radioaktif di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan, Senin, (17/2). (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

"‎Jadi Gegana ini, pasukan dari Korps Brimob yang memang memiliki kemampuan terkait KBR (kimia, biologi, dan radioaktif). Jadi dia sangat match dan kerja sama dengan Batan, ketemu. Karena yang diselidiki adalah radioaktif, Gegana punya alat untuk mendeteksi itu," tutur Asep.

Asep menambahkan, Polri juga tengah melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab mengapa ada paparan radio aktif di lokasi tersebut.

Baca Juga:

BAPETEN: Paparan Radioaktif Bisa Menyebabkan Kanker dan Katarak

"Jadi saat ini Batan bersama Polda Metro Jaya, Polres Tangsel kemudian Puslabfor ‎juga Gegana Desasemen E yang punya kualifikasi KBR termasuk Direktorat Tindak Pidana Tertentu melakukan penyelidikan bersama guna mengetahui penyebab terjadinya suatu area terpapar radio aktif jenis Cesium 137," papar Asep.

Asep menambahkan, Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri dari oleh TKP telah mengamankan beberapa sampel termasuk tanah untuk penyelidikan.

Seperti diketahui, Bapeten dan Batan dibantu Gegana Polri tengah melakukan proses clean up bagi tanah yang mengandung radioaktif. Masyarakat diimbau tidak khawatir karena ini telah ditangani oleh pihak yang berkompeten. (Knu)

Baca Juga:

Serpong Terkontaminasi Radioaktif Nuklir, Bapeten Dituntut Audit SOP



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH