Tim Evakuasi Kesulitan Cari Korban Longsor di Ponorogo

Eddy FloEddy Flo - Senin, 03 April 2017
Tim Evakuasi Kesulitan Cari Korban Longsor di Ponorogo
Gubernur Jatim Soekarwo (MP/Budi Lentera)

Bencana longsor yang terjadi di Ponorogo, Jawa Timur, benar-benar membuat Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, merasa pusing. Sebab, sampai saat ini masih ada 26 korban yang belum ditemukan.

Dijelaskannya, seminggu sebelum terjadinya longsor, pemda setempat sudah mengungsikan penduduk ke tempat pengungsian. Sayangnya, sehari sebelum longsor, pengungsi kembali naik tebing karena menjelang masa panen jahe.

"Seminggu sudah kita ungsikan, sebab ada tanda-tanda terjadinya penurunan tanah. Tapi, sehari sebelum kejadian, karena menjelang panen jahe, mereka kembali naik ke atas." ujar Soekarwo, saat di gedung negara Grahadi, Surabaya, Senin, (3/4).

Saat ini, kata Soekarwo, tim evakuasi dari TNI, polri dan tagana, sangat kesulitan melakukan evakuasi dan pencarian korban meski sudah menggunakan alat berat. Sebab, para korban diperkirakan terpendam di kedalaman 17 meter. Sementara, posisi tanah yang longsor dalam keadaan miring.

Gubernur Jatim Soekarwo di Surabaya (MP/Budi Lentera)

Meski demikian, pemprov jatim terus memberikan support pada tim pencarian terhadap 26 korban yang belum ditemukan.

Mengenai anggaran bencana di Ponorogo, diakui Soekarwo masih dalam tahap perhitungan. Tetapi, pemprov jatim telah menyediakan anggaran 100 milliar rupiah, yang nantinya akan dikelolah pemda setempat sesuai dengan kebutuhannya.

Bersamaan dengan itu, pemprov jatim juga fokus pada korban longsor, baik pada yang meninggal, luka-luka ataupun para pengungsi.

"Kalau yang meninggal, kita beri 10 juta rupiah. Kalau yang mengungsi, sementara kita beri mereka kebutuhan hidup, termasuk rencana tempat relokasi. Kan nggak mungkin mereka di pengungsian terus." lanjut Soekarwo.

Seperti diketahui, bencana longsor terjadi di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Ponorogo, Jawa Timur, pada Sabtu (1/4) kemarin. Akibatnya, puluhan warga tertimbun tanah dan belum ditemukan hingga sekarang.

Berita ini ditulis berdasarkan liputan Budi Lentera, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya.

#Tanah Longsor #Jawa Timur #Ponorogo #Gubernur Jatim Soekarwo
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan