Teknologi

Tim Cook Akui Apple Gunakan Sensor Kamera Sony

Andrew FrancoisAndrew Francois - Rabu, 14 Desember 2022
Tim Cook Akui Apple Gunakan Sensor Kamera Sony
Kemitraan Apple dan Sony telah berjalan lebih dari satu dekade. (Foto: Apple)

CEO Apple, Tim Cook, baru saja mengunggah cicitan yang mengakui bahwa Apple menggunakan sensor gambar Sony pada produk iPhone mereka. Dia mengungkap itu saat tengah mengunjungi Jepang untuk melakukan tur dengan pemasok suku cadang. Demikian laporan laman Canada Today, Selasa (13/12).

"Kami telah bekerja sama dengan Sony selama lebih dari satu dekade untuk mengembangkan sensor kamera terkemuka di dunia untuk iPhone," cicit Cook, sembari berterima kasih kepada CEO Sony, Kenichiro Yoshida, karena telah menunjukkan fasilitas Sony di Kumamoto kepadanya.

Salah satu foto bahkan menunjukkan Cook sedang diperlihatkan smartphone perusahaan asal Jepang tersebut. Apple memang diketahui tidak membeberkan secara spesifik komponen keras apa yang masuk ke setiap iPhone, terutama untuk komponen krusial macam sensor kamera.

Baca juga:

iOS 16.1 Tambahkan Persentase Baterai ke 4 Model iPhone

Tim Cook saat mengunjungi fasilitas Sony di Kumamoto. (Foto: Twitter/@tim_cook)

Jadi, sangat luar biasa bagi penggemar iPhone dan teknologi ponsel pintar untuk mengetahui bahwa Apple telah menggunakan sensor kamera Sony di berbagai lini produksi iPhone mereka dari generasi ke generasi. Biasanya, situs Apple hanya membeberkan spesifikasi singkat dari kamera iPhone mereka saja.

Misalnya resolusi, tingkat apertur, bidang pandang, hingga peningkatan dibanding iPhone generasi sebelumnya. Jadi, belum pernah dibeberkan komponen spesifik yang digunakan Apple meski komponen keras cenderung tak lagi signifikan di era fotografi komputer nan canggih sekarang ini.

Namun, banyak laporan dan rumor industri selama bertahun-tahun yang telah menunjukkan bahwa Apple memang menggunakan perangkat keras dari Sony untuk produk mereka. Laporan Wall Street Journal pada 2015 menyatakan bahwa Apple menggunakan dua sensor Sony pada iPhone 6.

Baca juga:

Memori iPhone Penuh? Ini Cara Mudah Mengatasinya

Apple telah menggunakan sensor gambar Sony sejak lebih dari satu dekade lalu. (Foto: Apple)

Sony sendiri memang diakui sebagai pemimpin dalam pasar sensor gambar, memiliki pangsa pasar 44 persen dalam sensor gambar CMOS pada tahun lalu. Keterangan Nikkei Asia menunjukkan, Samsung menjadi yang terbesar kedua dengan pangsa pasar 18,5 persen.

Kunjungan Tim Cook ke fasilitas Sony tersebut menunjukkan bahwa kemitraan mereka akan berlanjut untuk waktu yang lebih lama. Nikkei Asia juga melaporkan bahwa mereka akan menawarkan petunjuk tentang apa yang tengah perusahaan kembangkan untuk iPhone di masa depan.

Sony dikatakan telah mengembangkan sensor gambar baru yang menggunakan arsitektur semikonduktor baru untuk menangkap lebih banyak cahaya dan mengurangi over dan underexposure. Sensor baru itu bakal digunakan pada iPhone generasi berikutnya sekaligus untuk produsen smartphone lainnya. (waf)

Baca juga:

Mengenal Dynamic Island, Notch Kece di Seri Pro iPhone 14

#IPhone #Sony
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan