Tim Perempuan Astronaut NASA Cetak Sejarah Baru Dua astronaut perempuan NASA yang berhasil mencetak sejarah baru. (Foto: Mirror)

BADAN luar angkasa Amerika Serikat (NASA) kembali mencetak sejarah baru. Belum lama ini, NASA mengirimkan tim yang terdiri dari dua astronaut perempuan pertama ke luar angkasa. Mereka adalah Christina Koch dan Jessica Meir yang ditugaskan untuk menyelesaikan misi spacewalk atau berjalan di luar angkasa.

Untuk pertama kalinya, NASA mengirimkan anggota perempuann menjelajahi Stasiun Luar Angkasa (ISS). Koch merupakan seorang insinyur listrik dan Meir memiliki gelar doktor dalam biologi kelautan. Kedua astronaut ini berangkat pada 18 Oktober 2019 pukul 11:38 waktu setempat.

Baca juga:

Bertemakan Angkasa Luar, Xeric x NASA Hadirkan Jam Tangan Futuristik

Mereka menghabiskan tujuh jam di luar angkasa untuk mengganti unit kontrol daya yang rusak. Dilansir dari laman Campbell River Mirror, dalam mengerjakan misi mereka hanya bermodalkan obeng, kunci pas, dan alat cengekeraman listrik. Tentunya untuk menjalankan misi ini, mereka sudah berlatih selama bertahun-tahun.

tim astronot perempuan Nasa
Mereka berhasil menyelesaikan misi spacewalk selama tujuh jam. (Foto: Twitter/@NASA)

Mengetahui hal ini, Presiden Amerika Serikat Donald Trump memberikan apresiasi dan ucapan selamat melalui video call untuk peristiwa bersejarah ini. “Apa yang sudah kalian lakukan ini sangat luar biasa. Kalian adalah orang-orang yang sangat berani. Sangat bersejarah,” ucap Trump.

Baca juga:

Viral! Perusahaan Ini Tawarkan Kopi Hasil 'Roasting' dari Luar Angkasa

Selama melakukan perjalanan ke luar angkasa, para astronot akan dibantu oleh Komandan Luca Parmitano dari Badan Antariksa Eropa dan Andrew Morgan dari NASA. Sebelumnya, Koch sendiri sudah melakukan perjalanan ke luar angkasa sebanyak tiga kali. Ini menjadi pertama kalinya ia ditemani oleh astronot wanita.

Laman Mirror mengatakan bahwa ini bukan pertama kalinya NASA mencoba melakukan upaya antariksa untuk perempuan. Pada bulan Maret 2019, Koch pernah dijadwalkan untuk menyelesaikan perjalanan luar angkasa dengan astronot Anne McClain. Namun, rencana ini digagalkan karena pakaian ruang angkasa ukuran medium tidak tersedia dalam waktu dekat untuk McClain.

Sebelumnya, wanita pertama yang pernah melakukan spacewalk adalah Svetlana Savitskaya dari Rusia. Ia pergi ke stasiun luar angkasa Salyut 7 USSR pada 25 Juli 1984. Melakukan misi dengan selamat, menempuh tiga jam 35 menit di ruang angkasa. (And)

Baca juga:

Mirip Film Science Fiction, NASA Prediksi Bumi akan Porak Poranda Karena Sebuah Asteroid


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya