Tim Arkeologi Mesir Temukan Mumi Tertua

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 27 Januari 2023
Tim Arkeologi Mesir Temukan Mumi Tertua
Orang-orang bekerja di lokasi setelah pengumuman penemuan makam tersegel berusia 4.300 tahun di pekuburan Saqqara Mesir, di Giza, Mesir, 26 Januari 2023. (ANTARA/REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)

MerahPutih.com - Tim ahli arkeologi Mesir telah menemukan mumi tertua dan "terlengkap" yang belum ditemukan di negara itu.

Penemuan itu berlokasi di sebuah makam Firaun dekat ibu kota Kairo.

Mumi berusia 4.300 tahun itu ditemukan di dasar lubang sepanjang 15 meter di kelompok makam dinasti kelima dan keenam yang baru-baru ini ditemukan di dekat Piramida Bertingkat di Saqqara.

Baca Juga:

Korban Tewas dalam Ledakan Bom di Nigeria Jadi 40 Orang

Kepala tim penggalian Zahi Hawass, Kamis (26/1) waktu setempat menyatakan, mumi seorang pria bernama Hekashepes berada di sarkofagus batu kapur yang telah disegel dalam lesung.

"Mumi ini mungkin merupakan mumi tertua dan terlengkap yang ditemukan di Mesir hingga saat ini," kata Hawass, salah satu mantan menteri barang antik Mesir, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Antara.

Baca Juga:

Ukraina akan Boikot Olimpiade Paris Jika Rusia Diikutsertakan

Di antara makam lain yang ditemukan adalah milik Khnumdjedef, seorang inspektur pejabat, pengawas bangsawan dan seorang pendeta pada masa pemerintahan Unas, firaun terakhir dari dinasti kelima. Makam itu dihiasi dengan adegan kehidupan sehari-hari.

Makam lain milik Meri, "penjaga rahasia dan asisten pemimpin besar istana".

Masih menurut pernyataan tersebut, banyak patung ditemukan di antara makam, termasuk satu yang mewakili seorang pria dan istrinya serta beberapa pelayan. (*)

Baca Juga:

Tiongkok Utara Capai Suhu Terendah Sejak 1969

#Mesir #Mumi
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan