Film

Tilik, Gambaran Jujur Tingkah Warganet Indonesia

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 23 Agustus 2020
Tilik, Gambaran Jujur Tingkah Warganet Indonesia
Film pendek Tilik yang tengah viral. (Youtube-Ravacana Films)

BU Tejo ialah seorang warganet yang selalu update tentang informasi. Layaknya warganet setia, ia selalu menggunakan internet sebagai sumber informasi tepercaya.

Suatu hari, Bu Tejo ikut dalam rombongan menjenguk (tilik) Bu Lurah yang tengah dirawat di RS di kota. Menumpang truk para ibu dari desa menuju kota. Dalam perjalanan, informasi tumpah ruah dari mulut Bu Tejo. Gosip atau bukan, tak masalah. Yang penting, bisa jadi sumber informasi. Kali ini, sosok kembang desa bernama Dian yang jadi objek cerita kepada ibu-ibu di dalam truk tersebut.

BACA JUGA:

Bangkit dari Mati Suri, Blackberry akan Kembali dengan Smartphone 5G

Di dalam rombongan yang sama, ada sosok Yu Ning. Ia tidak ingin percaya dengan gosip-gosip yang diberikan Bu Tejo. Perdebatan terus bermunculan di antara keduanya selama di perjalanan. Bu Tejo membagikan informasi itu agar para ibu yang lain bisa lebih waspada kepada Dian. Sang kembang desa dianggap sebagai perusak rumah tangga.

View this post on Instagram

Dalam setiap langkah kekaryaan kami, kami selalu berusaha untuk tetap merdeka, sekecil apapun bentuknya. Hari ini, untuk merayakan kemerdekaan Indonesia, kami mempersembahkan film pendek kami: Tilik. Diproduksi tahun 2018, Tilik lahir dengan dukungan dan semangat merdeka dalam berkarya oleh para sineas dan orang-orang yang tak patah semangatnya. Nanti malam, kami berharap semangat itu akan dirasakan oleh teman-teman semua. Jangan sampai ketinggalan! Tilik (2018) akan tayang secara eksklusif di Youtube Ravacana Films malam ini (17 Agustus 2020) pukul 19:00 WIB. Setelahnya, akan ada sesi tanya jawab bersama sutradara Wahyu Agung Prasetyo (@whyagungprasetyo) dan produser Elena Rosmeisara (@elenrms) pada pukul 20:00 WIB melalui siaran langsung instagram kami. Catat jamnya, jumpa segera, merdeka bersama! #RavacanaFilms #nontontilik #filmpendek #filmpendekindonesia

A post shared by Ravacana Films (@ravacanafilms) on

Selama 26 menit film pendek Tilik, penonton seolah diajak berkaca pada kelakukan sehari-hari. Film pendek yang digarap sutradara Wahyu Agung Prasetyo itu pantas mencuri perhatian publik. Kisah Bu Tejo relate banget dengan kondisi dan kelakuan warganet saat ini. Dua karakter menonjol dalam kisah ini, Bu Tejo dan Yu Ning, memiliki sifat yang sangat bertolak belakang.

bu tejo
Bu Tejo, gambaran ibu-ibu yang suka bergosip. (Youtube- Ravacana Films)

Keduanya seperti simbolik untuk dua kubu warganet Indonesia. Bu Tejo dengan ungkapan pedas seenaknya. Di sisi lain, ada karakter yang skeptis saat menerima informasi.


Kedekatan kisah film itu dengan keseharian membuat film pendek Tilik jadi perbincangan ramai di media sosial. Film yang tayang di YouTube pada 17 Agustus itu berhasil mencapai 5 juta views lebih. Kisahnya yang menarik dan dikemas secara apik membuatnya jadi salah satu rekomendasi film pendek Indonesia yang wajib kamu tonton.

Yu Ning
Yu Ning, sosok yang lebih skeptis dalam menerima informasi. (Youtube- Ravacana Films)

Menariknya, kamu akan melihat akhir kisah yang di luar ekspektasi. Pasti makin penasaran kan bagaimana akhir perdebatan dari kedua ibu yang menggambarkan warganet di media sosial? Kamu wajib nonton film pendek ini sampai akhir ceritanya.(ren)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan