TikTok Tengah Uji Coba Video Berdurasi 5 Menit TikTok dikabarkan uji coba video durasi 5 menit (Foto: pixabay/salen feyisha)

PADA bulan lalu, platform video musik TikTok mulai meluncurkan opsi video berdurasi tiga menit untuk para penggunanya.

Bahkan, kabarnya platform video musik yang tengah digandrungi banyak orang itu, berencana memperpanjang durasi hingga lima menit, dan lebih dari itu.

Baca Juga:

Mengenal Keunggulan TikTok Jump

Kabar tentang TikTok akan memperpanjang durasi videonya, ditemukan oleh Matt Navarra, seorang analis media sosial. Dia mengunggah screenshot update dari TikTok, yang mengumumkan opsi video berdurasi lima menit.

"Upload video hingga 5 menit dari perangkatmu. Pastikan kamu menggunakan TikTok versi terbaru sebelum mencoba fitur ini di aplikasi tiktok mu atau tiktok.com," tulis Navarra, seperti yang dikutip dari laman Cnet.

Seorang analis media sosial mengumumkan TikTok tengah menguji coba video berdurasi 5 menit (Foto: screenshot twitter @matnavarra)

Dengan adanya uji coba terbaru itu, tentunya memberikan angin segar bagi para penggunanya. Dari awal mulanya meluncurkan dengan opsi membuat video berdurasi satu menit, kali ini durasinya lebih panjang.

Akhir tahun 2020 lalu, TikTok menguji coba opsi video berdurasi hingga 3 menit, kemudian opsi tersebut diluncurkan pada semua pengguna di Juli 2021. Nantinya, pengguna TikTok harus siap melihat video berdurasi lebih panjang di feed-nya.

Menariknya, pilihan video berdurasi 5 menit tersebut rupanya bukan durasi terpanjang yang sedang diuji coba oleh TikTok. Karena, Navarra pun menemukan, bahwa aplikasi video musik itu sedang bereksperimen dengan video berdurasi 10 menit.

Kendati masih dalam tahap uji coba, para TikTokers (Sebutan pengguna TikTok) langsung meluncurkan komentar terkait perubahan itu.

Dari banyaknya balasan di cuitan yang diluncurkan oleh Navarra, banyak pengguna TikTok yang kontra dengan penambahan durasi tersebut.

Baca Juga:

GoFood dan TikTok Edukasi UMKM Kuliner Soal Pemasaran Digital

Banyak pengguna TikTok yang kontra dengan adanya penambahan durasi video (Foto: pixabay/antonbe)

Sejumlah pengguna beralasan, bahwa mereka memilih TikTok untuk hiburan karena memiliki rentang perhatian yang kecil, karena lebih mudah menonton konten video yang singkat.

Apabila ditambah durasi hingga 10 menit, para TikTokers berpendapat bahwa platform video pendek tersebut justru bisa berubah menjadi 'YouTube'.

"YouTube is typing," tulis salah satu warganet yang menanggapi perubahan itu.

"Ini kedengarannya aneh... TikTok mencoba menjadi bentuk panjang dan YouTube mendorong bentuk pendek... apakah kedua platform mencoba MENJADI satu sama lain?," tulis seorang warganet

"Batas saya sampai di sini!!! Video 3 menit tidak apa-apa tapi lebih dari 5 menit pada dasarnya adalah YouTube. Rentang perhatian saya hanya 30 detik," timpal warganet lainnya.

Video berdurasi pendek merupakan salah satu ciri khas TikTok dan menjadikan platform tersebut sukses. Jadi, wajar saja apabila banyak pengguna yang merasa keberatan melihat video dengan durasi panjang di feed mereka. Bahkan, saking populernya, banyak platform media sosial lain yang meniru TikTok. (Ryn)

Baca Juga:

Deretan Akun TikTok dengan Follower Terbanyak di Dunia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Merasakan Kenyamanan Kelas Bisnis dengan Harga Ekonomi
Fun
Merasakan Kenyamanan Kelas Bisnis dengan Harga Ekonomi

Konsep baru ini memungkinkan penumpang memesan seluruh baris kursi sehingga mereka dapat berbaring.

Salah Kosmetik Saat Hamil dapat Sebabkan Hipospadia
Fun
Salah Kosmetik Saat Hamil dapat Sebabkan Hipospadia

Hipospadia merupakan kelainan bawaan lahir pada genitalia pria.

BTS Kenalkan Member Ke-8 di 'In The Soop 2'
ShowBiz
BTS Kenalkan Member Ke-8 di 'In The Soop 2'

Seekor anak bulu yang gagah.

Varian Coronavirus Baru Lebih Mematikan dan Cepat Menyebar
Hiburan & Gaya Hidup
Mulai Hidup Sehat dengan Eco-Lifestyle
Fun
Mulai Hidup Sehat dengan Eco-Lifestyle

Semua dimulai dari diri sendiri.

Rencana BTS Merayakan Malam Puncak Grammy Awards
ShowBiz
Rencana BTS Merayakan Malam Puncak Grammy Awards

seremoni akan berlangsung dini hari waktu Korea.

Penyuka Binatang?  Intip 4 Tas berbentuk Hewan Keluaran Thom Browne
Fashion
5 Kafe Dessert Terbaik di Jakarta, Cocok Buat Ngedate
Fun
5 Kafe Dessert Terbaik di Jakarta, Cocok Buat Ngedate

Selain Instagramable, harganya pun sangat terjangkau.

Bagi-Bagi Game Terus. Epic Games Rugi Rp4,8 triliun
Fun
Bagi-Bagi Game Terus. Epic Games Rugi Rp4,8 triliun

Epic Games merugi sampai tahun 2027.