Musik

TikTok Teken Perjanjian Lisensi dengan Sony Music Entertainment

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 08 November 2020
TikTok Teken Perjanjian Lisensi dengan Sony Music Entertainment
Tiktok teken kerja sama dengan Sony Music. (foto: CNet.com)

APLIKASI berbagi video pendek, TikTok, telah menandatangani perjanjian lisensi baru dengan Sony Music Entertainment. Perjanjian lisensi tersebut bertujuan membuat perpustakaan musik pada TikTok tersedia secara lebih luas. Kerja sama itu juga membuat Sony Music Entertainment dapat mempromosikan artis-artis mereka melalui platform TikTok.

Variety mengabarkan TikTok terkadang berselisih dengan industri musik terkait dengan tarif royalti. Sebelumnya, TikTok memiliki perjanjian jangka pendek dengan tiga label besar. Nampaknya, jangka waktu perjanjian itu telah berakhir. Perwakilan TikTok menolak berkomentar tentang status perjanjian lisensi perusahaan dengan Universal dan Warner Music Groups.

BACA JUGA:

Joe Biden-Kamala Harris, Selebritas Hollywood Gelar Perayaan

Pada Januari, TikTok memiliki perjanjian lisensi dengan label kolektif musik untuk artis independen, Merlin, yang berbasis di Paris. Di Juli, platform milik Bytedance itu mengumumkan kesepakatan dengan berbagai penerbit musik, melalui perjanjian dengan Asosiasi Penerbit Musik Nasional.

Kali ini giliran Sony Music yang membuat perjanjian dengan TikTok. Platform tersebut akan memberi para pengguna TikTok akses ke klip suara dari katalog besar Sony Music tentang lagu-lagu hits terkini, rilis baru, tampilan favorit, klasik ikonik, dan potongan lagu dalam dari setiap genre musik. Semuanya bisa digunakan dalam konten TikTok.

“TikTok dan Sony Music akan bekerja sama untuk mendukung personalisasi dan kreativitas pengguna yang lebih tinggi di platform. Kami ingin mendorong peluang baru dan berwawasan di masa depan untuk keterlibatan penggemar dengan artis dan musik," jelas pihak Tiktok pada Newsroom.tiktok.
Presiden Bisnis Digital Global dan Penjualan AS Sony Music Entertainment Dennis Kooker mengatakan klip video pendek telah berkembang menjadi bagian baru yang menarik dari ekosistem musik yang berkontribusi pada pertumbuhan musik secara keseluruhan dan cara penggemar menikmatinya. “TikTok ialah pemimpin dalam bidang ini dan kami senang dapat bekerja sama dengan mereka untuk mendorong penemuan musik, memperluas peluang kreativitas, dan mendukung karier artis,” ujarnya.

Selain itu, Pemimpin Musik Global di TikTok Ole Obermann mengatakan pihak TikTok sangat senang dapat menandatangani perjanjian dengan Sony Music. "Dengan begitu, kami dapat terus bekerja sama untuk menghubungkan daftar artis Sony yang luar biasa di AS dan di seluruh dunia kepada para pengguna dan memanfaatkan kekuatan dari TikTok,” ujarnya.

Lebih jauh, Oberman mengatakan TikTok berkomitmen untuk bekerja sama untuk menemukan cara baru untuk menjangkau penggemar di masa sekarang ini.(Sch)

w2
#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan