TikTok Mengajarkan Aku Seluk-Beluk Dunia Kerja dan Magang TikTok memberi tips tentnag dunia kerja dan magang. (Unsplash-Solen Feyissa)

AKU buta sama sekali gambaran dunia kerja. Mau tanya mama dan papa malu. Lagipula mereka beda generasi jauh denganku. Tak hanya sampai disitu, kurangnya referensi dari pihak kampus membuat beban harus dihadapi semakin terasa berat dan sulit.

Baca Juga:

Pekerjaan Rumah Kerap Menjadi 'Pekerjaan Sekolah' Saat Ngilmu di Negeri Aing

Belum lagi situasi pandemi memaksa segala kegiatan harus dilaksanakan dari rumah. Seakan menutup segala akses bertemu teman berpengalaman untuk mendapatkan informasi komprehensif. Meski tantangan semakin tinggi di masa pandemi, tak sedikit pun menciutkan keinginan beroleh gambaran utuh tentang dunia kerja. Apalagi di semester ini ada tuntutan untuk magang.

Menghadapi seluk-beluk dunia magang menjadi salah satu tantangan harus dihadapi para mahasiswa tingkat akhir. Aku salah satunya. Orang tua mungkin tidak mendesak untuk cepat mendapatkan tempat magang. Mungkin salah satu alasannya karena mereka tidak mengetahui secara luas bagaimana dunia magang saat ini.

tiktok
Aplikasi TikTok sedang ramai diperbincangkan. (Foto_StayHipp)

Namun sesekali, mama sering menceritakan pengalamannya saat dahulu dirinya harus mencari pekerjaan, begitu berhasil mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Komputer. Mungkin pengalamannya dalam mencari pekerjaan 20 tahun lalu bisa cukup membantu meski metodenya jauh berbeda.

Tak pernah terlintas dalam benak mama melamar lowongan pekerjaan atau magang di suatu perusahaan bisa didapatkan hanya dengan duduk di belakang komputer. Ia menjadi sadar zaman telah berubah.

Baca juga:

Bolos Sekolah Belum Tentu Anak Salah

Pikirannya kembali pada masa-masa pertamanya setelah berhasil menyelesaikan segala jenjang pendidikan. Ya, dunia kerja. Perempuan paruh baya ini menjelaskan setiap hari harus mengenakan pakaian terbaiknya untuk mengunjungi setiap kantor dan menaruh CV serta surat lamaran miliknya. Berpindah dari satu kantor menuju kantor lain.

“Dulu, setiap hari harus terlihat rapi. Mulai dari atas kepala sampai ujung kaki buat nyebar CV dari kantor satu ke kantor lainnya. Walaupun kadang, ketemunya cuma sama satpam buat ngasih suratnya,” jelasnya.

tiktok
Perjuangan untuk melamar pekerjaan. (Facebook_Selamat Pagi Indonesia)

Pengalamannya membutuhkan usaha lebih untuk mendapatkan suatu pekerjaan. Ia setiap saat harus menanyakan perkembangan proses pencarian tempat magang. Berbeda 180 derajat dengan usaha aku mencari seluk-beluk dunia magang sekarang. Aku hanya sibuk menggulir gawai sembari tiduran.

Daripada harus terus menunggu kepastian dari pihak kampus terkait kegiatan sosialisasi magang, akan lebih baik jika aku mencari referensi lain sekiranya dapat dijadikan sebagai pijakan untuk mulai memasuki kegiatan magang.

Mungkin sebagian orang akan kebingungan jika mengentahui aplikasi TikTok merupakan solusi terbaik memberikan pengetahuan baru mengenai dunia kerja dan magang. TikTok biasanya digunakan sebagian besar orang untuk mengakses video menari mengikuti lagu-lagu hit, justru isinya semakin beragam, mulau dari tips dan resep makanan viral, tutorial make up, hingga inromasi terkait dunia kerja dan magang.

Tak hanya berisi konten lucu dan menghibur, TikTok memiliki sejumlah kreator mampu menggantikan fungsi dan peran pengajar atau bagian administrasi pihak kampus terkait kegiatan magang.

tiktok
Akun TikTok Vina Muliana. (TikTok @vmuliana)

Aku beroleh banyak informasi dunia magang di TiTkok dari akun Vina Muliana. Vina banyak memberi berbagi pengalaman saat melamar kerja. Mulai dari cara membuat CV menarik, membuat surat lamaran kerja, hingga memberikan gambaran bagaimana situasi dan cara bersikap saat masuk ke tahap wawancara bekerja.

Tak hanya itu, pemenang juara satu pada ajang Abang None 2014 ini juga memberikan gambaran secara menyeluruh mengenai dunia kerja nan mungkin terasa asing bagi para mahasiswa tingkat akhir.

Konten Vina, tak selalu membahas sesuatu krusial dalam proses bekerja. Hal-hal kecil mulai cara berpakaian, kegiatannya sehari-hari sebagai pegawai BUMN, dan beberapa hal lainnya terkait pekerjaan mungkin tak pernah terpikirkan di benak para mahasiswa tingkat akhir.

Baca juga:

Meja Sekolah Jadi Arena Psywar Anak Pagi Versus Siang

Dengan cara penyampaian mudah dipahami dan konten berhubungan dengan para mahasiswa, akun TikTok @vmuliana berhasil memiliki jutaan pengikut. Aku salah satunya.

Berbekal informasi dari akun Vina, aku memberanikan diri mempraktikannya. Aku melamar magang di Merahputih.com sebagai jurnalis. Segala pengetahuan dari akun tersebut langsung dipraktikan. Hasilnya, saat ini aku sudah lebih dari sebulan magang.

Internet, khususnya melalaui TikTok, lantas jadi tempat aku belajar mengenal dan memahami hal-hal semula asing. Salah satunya dunia kerja dan magang. Kini, segala platform bisa jadi tempat belajar asal ada niat. (Cit)

Baca juga:

Fakta di Balik Suara Emas Siswa Asal Medan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pelaku UMKM Kini Bisa Konsultasi Bisnis dengan Mentor
Fun
Pelaku UMKM Kini Bisa Konsultasi Bisnis dengan Mentor

Chat dengan mentor untuk bisnis yang lebih baik.

Soundtrack untuk Film Indonesia ini Tak Lekang Oleh Waktu
ShowBiz
Soundtrack untuk Film Indonesia ini Tak Lekang Oleh Waktu

Film Indonesia juga memiliki soundtrack yang tidak kalah indah ketimbang dengan film luar negeri.

Dating Burnout, Kondisi Jenuh dalam Menjalin Suatu Hubungan
Fun
Dating Burnout, Kondisi Jenuh dalam Menjalin Suatu Hubungan

Bosan Menjalin Hubungan? Mungkin Kamu Sedang 'Dating Burnout'.

Film Horor Masih Punya Tempat di Hati Masyarakat Indonesia
ShowBiz
Film Horor Masih Punya Tempat di Hati Masyarakat Indonesia

Wakil Ketua I Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dan pengamat film Hikmat Darmawan, mengatakan bahwa film horor lokal masih memiliki tempat di hati masyarakat Indonesia.

Merias Mata Tidak Sulit Kok
Fun
Merias Mata Tidak Sulit Kok

Jangan asal merias mata agar tampil cantik.

Permainan Anti Gadget di Tongkrongan
Fun
Permainan Anti Gadget di Tongkrongan

Jangan cuma main gadget pas lagi nongkrong.

Spotify dan Facebook Luncurkan Miniplayer
Fun
Spotify dan Facebook Luncurkan Miniplayer

Kini konten audio dari Spotify dapat dibagikan ke Facebook.

Ini Jawaban Mengapa berat badan Tidak Mau Turun
Fun
Ini Jawaban Mengapa berat badan Tidak Mau Turun

Menagapa berat badan tak kunjung turun.

Masker Unik Kontingen Amerika Serikat di Olimpiade Tokyo
Fashion
Masker Unik Kontingen Amerika Serikat di Olimpiade Tokyo

Maklum, masker kontingen negeri paman sam didesain mirip dengan karakter Bane, salah satu musuh dari ksatria kegelapan.

Indonesian Football E-League Beri Sanksi Pemain Madura United dan Persik Kediri
Fun
Indonesian Football E-League Beri Sanksi Pemain Madura United dan Persik Kediri

Keduanya dianggap melanggar ketentuan yang berlaku.