Teknologi
TikTok Lampaui YouTube dalam Waktu Tonton per Pengguna TikTok melampaui YouTube. (Foto: Unsplash/Solen Feyissa)

TIKTOK bisa jadi akan menggantikan YouTube sebagai landasan peluncuran terbaru untuk sarana mencapai ketenaran bagi anak muda.

Konsumen media sosial di Inggris dan AS menghabiskan lebih banyak waktu di TikTok daripada YouTube, sebuah laporan baru menunjukkan seperti diberitakan bbc.com (7/9).

Baca Juga:

Deretan Akun TikTok dengan Follower Terbanyak di Dunia

tiktok
App Annie mendeskripsikan TikTok sebagai pengubah streaming dan lanskap sosial. (Foto: Unsplash/May Gauthier)

Data dari perusahaan pemantau aplikasi App Annie menunjukkan bahwa waktu rata-rata per pengguna yang dihabiskan untuk aplikasi lebih tinggi untuk TikTok, yang menunjukkan tingkat engagement yang tinggi.

App Annie mendeskripsikan TikTok sebagai pengubah streaming dan lanskap sosial. Namun, YouTube mempertahankan posisi teratas untuk keseluruhan waktu yang dihabiskan, bukan per pengguna, karena memiliki lebih banyak pengguna secara keseluruhan.

Raksasa video milik Google itu diperkirakan memiliki dua miliar pengguna bulanan. Sementara tokoh publik terbaru TikTok menyatakan memiliki sekitar 700 juta pada pertengahan 2020.

App Annie merupakan perusahaan pemantau aplikasi yangmengkhususkan diri dalam analisis pasar aplikasi.

Metrik "waktu yang dihabiskan" dalam laporannya hanya mencakup ponsel Android, dan juga tidak termasuk Tiongkok, di mana TikTok, yang dikenal secara lokal sebagai Douyin, merupakan aplikasi menonton video utama.

Baca Juga:

TikTok Optimalkan Fitur Live untuk Saingi Instagram

Penonton massal

tiktok
TikTok menduduki peringkat sebagai yang paling banyak diunduh di seluruh dunia sejak 2020. (Foto: Pexels/cottonbro)

"YouTube masih memimpin TikTok dalam keseluruhan waktu yang dihabiskan, termasuk di Inggris," jelas Jamie MacEwan, dari Enders Analysis, "Secara keseluruhan pemirsa massal YouTube berarti semakin banyak demografi pengguna internet yang relatif ringan, ini hanya menjangkau semua orang yang online."

Pengguna berat YouTube mungkin menyamai atau melampaui engagement para TikTokers, katanya. Namun, itu bukan berarti TikTok tidak sukses, tambahnya.

"TikTok menghabiskan banyak uang untuk menarik pengguna, tetapi mereka tidak perlu lama-lama eksis dibandingkan dengan media sosial lainnya. Sekarang kita tahu bahwa di AS dan Inggris, TikTok telah merombak YouTube, dan reeling di Facebook... itu adalah tanda pengakuan yang besar," katanya.

Di Inggris, TikTok melampaui YouTube pada Juni 2020, dan telah mempertahankan keunggulannya sejak itu. Di AS, TikTok dan YouTube bertukar tempat beberapa kali akhir tahun lalu sebelum TikTok muncul di posisi teratas pada April 2021.

Metrik lain yang dilacak oleh perusahaan mencerminkan semakin pentingnya TikTok. Di antara aplikasi sosial, komunikasi, foto, video, dan hiburan, TikTok menduduki peringkat sebagai yang paling banyak diunduh di seluruh dunia sejak 2020. TikTok juga bersaing dengan YouTube untuk posisi teratas dalam belanja konsumen sejak tahun lalu.

Baca Juga:

Video TikTok jadi 180 detik

Streaming mahal

tiktok
Tiktok memungkinkan pengguna memberi tip kepada pembuat konten. (Foto: Unsplash/Amanda Vick)

Laporan App Annie juga menunjukkan bahwa aplikasi dengan streaming langsung, termasuk TikTok, memicu lonjakan uang yang dihabiskan untuk pembuat konten. Aplikasi yang memiliki streaming langsung sebagai fitur yang menonjol menyumbang tiga perempat dari uang yang dihabiskan di 25 aplikasi sosial teratas pada paruh pertama tahun 2021, kata laporan itu.

Di situs gim Twitch, misalnya, pemirsa dapat membeli Bits, mata uang virtual, dan membelanjakannya untuk "menyemangati" streamer selama streaming langsung. Atau mereka dapat mengatur langganan berulang ke saluran pembuat konten dengan imbalan manfaat khusus pelanggan.

Tiktok memungkinkan pengguna memberi tip kepada pembuat konten dengan coins, versi bit-nya sendiri, sementara YouTube menjalankan program serupa untuk streaming langsungnya. "Streaming langsung mendorong pertumbuhan dalam engagement untuk aplikasi sosial yang mengaturnya untuk pembelanjaan konsumen," kata App Annie.

Laporan tersebut juga menyoroti pemenang lain dalam setahun terakhir: Snapchat. Aplikasi perpesanan yang fokus pada augmented-reality melihat unduhannya di luar AS tumbuh hampir 30 persen tahun-ke-tahun, dan sebesar 45 persen pada dua tahun lalu, menurut data App Annie. (aru)

Baca Juga:

Mengenal Keunggulan TikTok Jump

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
IHCDC 2021 Ciptakan SDM Berdaya Saing Tinggi
Hiburan & Gaya Hidup
IHCDC 2021 Ciptakan SDM Berdaya Saing Tinggi

Indonesia Human Capital Digital Conference (IHCDC) 2021 merupakan acara tahunan, yang dikenal sebagai salah satu event paling penting dalam bidang human resource di berbagai industri, untuk bertemu dan bertukar padangan mengenai tren dan industri.

Mudah Tergiur Promo Angka Kembar, Melupakan Menabung
Fun
Mudah Tergiur Promo Angka Kembar, Melupakan Menabung

Promo belanja pada angka kembar memang menggiurkan.

DisneyPlus Hotstar Rilis Trailer Terbaru 'Andor'
Fun
DisneyPlus Hotstar Rilis Trailer Terbaru 'Andor'

Disney+ Hotstar merilis trailer terbaru dari serial 'Andor'.

Lagu 'Californication' milik Red Hot Chili Peppers jadi Video Game
ShowBiz
Lagu 'Californication' milik Red Hot Chili Peppers jadi Video Game

Red Hot Chili Peppers telah mendapatkan kabar baik dari penggemar beratnya.

4 Kesalahan dalam Menggunakan Kondom
Fun
4 Kesalahan dalam Menggunakan Kondom

Perhatikan juga lingkungan tempat menyimpan kondom

TeamViewer Hadirkan Kecerdasan Buatan ke Shopfloor
Fun
TeamViewer Hadirkan Kecerdasan Buatan ke Shopfloor

TeamViewer hadirkan teknologi yang dapat membantu penggunanya.

Bumil dan Busui Juga Bisa Kena Osteoporosis
Hiburan & Gaya Hidup
Bumil dan Busui Juga Bisa Kena Osteoporosis

Mungkin dapat terjadi di usia 30-an

Dalam 'Squid Games' Jung Ho-yeon Belajar Arti Hidup
ShowBiz
Dalam 'Squid Games' Jung Ho-yeon Belajar Arti Hidup

Film serial 'Squid Games' banyak mengajarkan dirinya untuk membangun karier.

5 Tren Warna Rambut Musim Panas 2022
Fashion
5 Tren Warna Rambut Musim Panas 2022

Kamu bisa tampil menawan dengan pewarnaan rambut.

Cup of Excellence Dorong Kebangkitan dan Kesejahteraan Petani Kopi Indonesia
Fun
Cup of Excellence Dorong Kebangkitan dan Kesejahteraan Petani Kopi Indonesia

Cup of Excellence (COE) Indonesia mendorong kebangkitan petani kopi Indonesia ke kancah Internasional