Musik

TikTok Lambungkan Lagu Lama 'Die for You' Milik The Weeknd

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Selasa, 05 Desember 2023
TikTok Lambungkan Lagu Lama 'Die for You' Milik The Weeknd
Kisah di balik suksesnya karier The Weeknd. (Foto: IMDB)

"DIE for You", lagu hit The Weeknd pada 2016, mencetak sejarah dengan meraih posisi No. 1 terlama di Billboard Hot 100 untuk sebuah lagu yang bukan lagu liburan. Lagu ini sebermula bagian dari album Starboy milik The Weeknd.

Perjalanan lagu ini menuju puncak adalah kisah menarik tentang kegigihan, kolaborasi, dan pengaruh TikTok. Akar dari "Die for You" dapat dilihat kembali pada awal karier The Weeknd. Juga bersama krunya, seperti Cirkut, yang bersatu kembali untuk album Starboy.

Cirkut menjelaskan melalui Variety pada Kamis, (30/11), bahwa ia berasal dari Toronto dan telah mengenal Abel sejak awal kariernya. "Die for You" adalah single kelima Starboy dan hanya mencapai No. 43 di Hot 100 pada awalnya.

Perubahan besar terjadi ketika pengguna TikTok di Asia Tenggara kerap memutar lagu tersebut pada musim panas 2021. Tim streaming Republic yang memproduksi album tersebut segera menyadari perubahan tersebut. Mereka lalu bergerak cepat.

Baca juga:

LEGO, Rocket League, dan The Weeknd Mampir ke 'Fortnite' Desember 2023

Kevin Lipson, manajer perdagangan global dan strategi digital Republic, juga mengomentari kemajuan ini dengan megatakan bahwa, "Kami fokus pada lagu tersebut seolah-olah proyek yang baru dirilis."

Popularitas lagu ini mulai berkembang, bahkan di tengah-tengah perilisan album baru The Weeknd, Dawn FM. TikTok membawa perubahan total terhadap karier The Weeknd, menghidupkan kembali lagu lamanya pada musim semi 2022, hingga mendorongnya kembali ke tangga lagu Spotify Global.

Dikutip oleh Billboard, selain di TikTok, lagu tersebut diputar di radio pop pada Agustus 2022, yang menunjukkan awal ketenaran gelombang kedua lagu tersebut.

Pada Februari 2023, "Die for You" meraih posisi No. 1 di Hot 100 dan tangga lagu Spotify Global. Remix yang menampilkan Ariana Grande, yang dirilis tidak lama setelahnya, menambah ketenaran lagu ini.

Baca juga:

Sentuhan The Weeknd di Jersey Paris Saint-Germain

The Weeknd saat mengisi acara Academy Awards 2016. (Foto: IMDB)
The Weeknd saat mengisi acara Academy Awards 2016. (Foto: IMDB)

Melihat sukses tak terduga ini, Cirkut mengaku girang sekaligus terkejut. "Saya selalu berpikir bahwa ini adalah lagu yang hebat, tetapi saya tidak berpikir, 'Ini akan menjadi No. 1 tujuh tahun kemudian!' Maksud saya, siapa yang bisa memprediksinya?"

Namunm Lipson dari Republic, menyatakan bahwa mereka selalu aktif menyuarakan bahwa musik yang hebat dapat berkembang kapan saja, terlepas dari tanggal rilisnya.

Sebagai bukti kekuatan abadi dari musik yang memikat, "Die for You" kini menjadi lagu ketujuh The Weeknd yang berada di nomor 1. Ini menandai perjalanan luar biasa peran sosial media TikTok. (nda)

Baca juga:

Travis Scott Rilis 'K-Pop' Bareng Bad Bunny dan The Weeknd

#Musik #The Weeknd
Bagikan
Bagikan