TikTok Janjikan Sumbangan Rp5,9 Triliun untuk Perangi Pandemi COVID-19 TikTok siapkan dana ratusan juta dollar untuk perangi pandemi virus corona (Foto: anadoluagency)

TIKTOK telah mengumumkan serangkaian dana bantuan dan inisiatif untuk memerangi pandemi COVID-19, membantu individu, dan organisasi yang berjuang mencegah penyebaran virus corona.

Seperti yang dilansir dari laman The Verge, secara keseluruhan TikTok menjanjikan dana senilai USD 375 Juta atau sekitar Rp5,9 triliun. Rincianya yakni USD 250 juta untuk dana sumbangan, USD 100 juta untuk iklan, dan USD 25 Juta Untuk informasi kesehatan masyarakat.

Baca Juga:

Kota ini Punya Cara Ampuh Agar Warganya Tetap Tinggal di Rumah

Pendanaan USD 250 juta itu dibagi menjadi beberapa dana bantuan yang berbeda. ada dana bantuan untuk pahlawan kesehatan USD 150 juta, yang akan diberikan pada staf medis, persediaan, dan bantuan kesulitan bagi petugas kesehatan.

TikTok berikan sumbangan dengan total keselurhan dana USD 375 juta atua sekitar Rp5,9 triliun (Foto: pixabay/iximus)

Selain itu, untuk dana bantuan masyarakat senilai USD 40 juta. Ada juga untuk organisasi yang membantu masyarakat saat dilanda krisis kesehatan yakni USD 10 juta. Lalu TikTok telah menjanjikan USD 50 juta untuk mendukung inisiatif pembelajaran jarak jauh.

Baca Juga:

Sebuah Liontin Berbentuk Virus Corona Tiba-Tiba Viral, Penyebabnya Sangat Mengejutkan!

Seiring dengan dana tunai, TikTok menjanjikan USD 25 juta dalam ruang iklan untuk membantu LSM, otoritas kesehatan dan otoritas lokal dalam memberikan informasi kesehatan masyarakat.

TikTok sendiri telah dikritik karena membiarkan teori konspirasi virus corona menyebar di platformnya. Bulan lalu, MediaMatters melaporkan satu teori konspirasi yang memperingatkan akan adanya 'Karantina Nasional' yang menyebar dalam serangkaian video dengan ribuan penonton.

Melihat hal itu, TikTok pun memperbarui aturan pada Januari lalu, untuk menindak informasi yang salah dan bisa membahayakan.

TikTok juga menyumbang USD 100 juta untuk iklan, guna membantu usaha kecil dan menengah yang berjuang usai pandemi. TikTok mengatakan program itu akan diluncurkan di seluruh dunia dalam beberapa bulan mendatang.

TikTok bantu perangi pandemi COVID-19 (Foto: googleplaystore)

Tetapi, Tiktok menambahkan jika peluncuran itu akan tergantung pada saran tentang memulai kembali operasi bisnis yang diberikan oleh otoritas kesehatan.

TikTok bukanlah platform pertama yang mengumumkan pendaaan iklan untuk organisasi yang terkena pandemi COVID-19. Sebelumnya Google juga telah mengumumkan dana investasi senilai USD 200 juta dan iklan senilai USD 340 juta untuk usaha kecil serta menengah.

Apple juga telah meluncurkan dana senilai USD 50 juta untuk membantu industri musik, sementara Facebook telah menginvestasikan USD 100 juta dalam jurnalisme, untuk mendukung pemberitaan yang saat ini begitu penting.

Sementara awal pekan ini, CEO Twitter Jack Dorsey juga mengumumkan jika akan menyumbang USD 1 miliar dalam bentuk ekuitas, senilai lebih dari seperempat dari kekayaan bersihnya, untuk mendanai bantuan COVID-19 di seluruh dunia. (ryn)

Baca Juga:

Kisah Viral Kucing Terjebak 40 Hari di Apartemen, Karena Pemiliknya Terkena COVID-19

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH